SMK Negeri 3 Maumere Laksanakan USBK dengan Model Penilaian Berbasis Aplikasi Web

Maumere, Ekorantt.com – Sebanyak 197 Peserta didik kelas XII SMK Negeri 3 Maumere melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) selama 9 hari Model Penilaian Berbasis Aplikasi Web yang dimulai dari tanggal 19-27 April 2022

Ketua Panitia USBK Anita Riwu, kepada Ekora NTT, Kamis (21/4/2022) menjelaskan, UNBK ini diikuti oleh Kompetensi Keahlian dari Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) berjumlah 98 orang, Multi Media 54 peserta, dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) sebanyak 45 sehingga jumlah peserta ujian sebanyak 197 orang.

Anita menambahkan bahwa saat ini, Sumber Daya Manusia sudah ada, tetapi bagaimana cara membentuk dan memanfaatkan SDM itu menjadi fokus perhatian semua orang.

“Sumber Daya Manusia dan sarana kita punya, tinggal pemanfatannya,” ujar Guru Bahasa Inggris ini.

Kepala SMK Negeri 3 Maumere, Alfrid Berlin Kedoh, mengatakan ujian online ini dilaksanakan sebagai salah satu inovasi dalam hal pembelajaran dan berguna untuk mempermudah guru menerapkan Model Penilaian Berbasis Aplikasi Web.

iklan

Alfrid menegaskan, ada 2 aplikasi yang dimiliki SMK Negeri 3 Maumere yakni Aplikasi Siajar yang sudah dikembangkan oleh pihak sekolah sejak 2018 hingga kini dan Aplikasi Pihak Ketiga yang digunakan sebagai alternatif sekaligus pembanding.

Peserta USBK, kata Alfrid, selain menggunakan komputer, mereka juga menggunakan Android yang dimiliki siswa. Sekolah juga menyediakan 200 android yang bisa dipakai oleh siswa jika belum memiliki android.

“Kelebihan penggunaan aplikasi ini bahwa soal ujian bisa diacak secara murni atau random. Juga mudah dalam perhitungan nilai. Selain itu secara riil time dalam proses siswa menjawab soal. Kita juga dapat mencetak berita acara dan daftar hadir dari aplikasi itu,” ujar Alfrid

Adanya 2 aplikasi ini, lanjutnya, dapat membandingkan penggunaan dan pembaharuan secara berkala.

Yasinta AC. Mude, peserta didik kelas XII TKJ mengungkapkan rasa bangga mengenyam pendidikan di SMK Negeri 3 Maumere.

Pasalnya, sekolah IT yang baru berusia 8 tahun ini sudah memiliki banyak keunggulan dan semakin dipercaya oleh orang tua dan semua elemen masyarakat.

“SMK Negeri 3 Maumere selalu mengikuti perkembangan. Ujian saja menggunakan komputer dan android sehingga sangat milenial,” tutupnya.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA