Waspada Hepatitis Akut, Pemkab Mabar Imbau Masyarakat Rajin Cuci Tangan

Mbay, Ekorantt.com – Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) mengingatkan masyarakat untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat setiap hari.

Penyampaian ini menyusul setelah penemuan kasus hepatitis akut yang tidak diketahui etiologinya beberapa waktu lalu pada anak.

Pemerintah mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan, termasuk rajin mencuci tangan.

“Kalau ada yang sakit, jangan dibiarkan. Segera mencari fasilitas kesehatan terdekat,” kata Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng pada sela-sela kunjungan Pameran UMKM di Waterfront City Labuan Bajo, Minggu.

Dalam keterangan yang diterima Ekorantt.com, sebelum itu, Yulianus telah mengirim surat edaran Kementerian Kesehatan tentang Kewaspadaan Terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang tidak diketahui etiologinya kepada para staf dinas kesehatan, rumah sakit, dan puskesmas yang ada di Manggarai Barat.

iklan

Edaran itu sebagai bentuk kewaspadaan dini terhadap kasus hepatitis akut pada anak.

Dia meminta para tenaga kesehatan itu mempelajari dokumen tersebut dan proaktif dalam melakukan tindakan pencegahan guna mewaspadai kasus hepatitis akut tersebut.

Salah satunya bentuk tindakan kewaspadaan dini ialah pendataan pasien hepatitis baik oleh puskesmas maupun rumah sakit.

“Saya minta seluruh kepala puskesmas untuk waspada hepatitis akut ini. Kalau ada anak yang kuning, lalu mencret, mual, muntah padahal sebelumnya baik-baik saja, laporkan dan bawa ke puskesmas atau rumah sakit,” katanya.

Namun, Yulianus kembali mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dalam lingkungan keluarga.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA