KM Marina II Belum Beroperasi, Arus Transportasi Wilayah Selatan Ende Terhambat

Ende, Ekorantt.com – Pasca tragedi terbaliknya Kapal Motor Penumpang Marina II beberapa bulan silam yang melayani Bita Beach-Wolokota, Kekasewa dan Nila, warga dari ketiga desa ini, mengaku kesulitan bepergian ke desa maupun ke Kota.

Pasalnya, KMP Marina II yang merupakan bantuan Pemda Ende yang dikelola Bumdes Sentani Desa Nila masih dalam proses perbaikan dan hingga saat ini belum beroperasi.

Pantauan Ekora NTT, Kamis (16/06/2022), KMP Marina II yang baru beroperasi kurang lebih 3 bulan itu berlabuh di kolam labu Bita Beach.

Warga mengaku, sejak hadirnya sarana transportasi itu, aktivitas mobilisasi barang dan manusia ke desa mereka cukup lancar, namun kini tampak sulit lantaran hanya dilayani satu perahu motor.

Tak jarang dari mereka terpaksa berjalan kaki ke kota, apabila ada keperluan yang datang mendadak atau tiba-tiba.

iklan

“Ya kalau selama Marina II ada kami bersukur karena cukup nyaman dan lancar, tapi sekarang kami kesulitan, kemarin juga kami dengar info dari Dinas Perhubungan mau perbaiki, tapi sekarang tidak tahu bagaimana,” Ujar Fidel, salah satu warga Wolokota Ndona.

“Kalau mendadak ada yang sakit atau meninggal, itu kami kesulitan, tidak hanya itu pembangunan di Desa juga terganggu,” ungkapnya lagi.

Untuk itu, Fidel berharap Pemda Ende melalui dinas terkait supaya serius memperhatikan masalah tersebut.

Hal ini penting, karena menurutnya, hingga saat ini, sarana transportasi laut adalah satu-satunya akses yang menghubungkan mereka dari dan ke kota, lantaran belum tersentuh pembangunan infrastruktur jalan.

TERKINI
BACA JUGA