Pasutri Lansia yang Idap Tunanetra di Jeremboro Matim Dapat Bantuan dari Kemensos RI

Borong, Ekorantt.com – Paulus Roma (80) dan Petronela Tawu (59), pasutri lansia yang mengidap tunanetra di Kampung Jeremboro, Kelurahan Watunggene, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, mendapat bantuan darurat di Kementerian Sosial (Kemensos) pada Kamis (22/6/2022).

Bantuan berupa kasur, lampu, dan sembako itu diserahkan oleh tim dari Balai Efata Kupang, dan didampingi oleh Kasi Dokes Polres Matim Bripka Heribertus A.B. Tena bersama anggota Bhabinkamtibmas Briptu Bayu Permadi.

Briptu Bayu mengatakan kepada Ekora NTT bahwa selain membawa bantuan darurat, pihak Balai Efata Kupang juga datang untuk melakukan asesmen terhadap keluarga Paulus.

“Perwakilan Kemensos datang untuk menindaklanjuti berita di media terkait pasangan suami istri yang menderita tunanetra ini,” katanya.

Petronela mengidap tunanetra sejak 2019. Setahun kemudian, Paulus mengalami hal serupa. Sejak tidak bisa melihat, mereka tidak pernah memeriksakan diri ke dokter karena tidak ada biaya.

iklan

Briptu Bayu mengatakan, sesuai permintaan pihak Balai Efata, dalam waktu dekat, pihaknya bersama Pendamping Disabilitas Kabupaten Manggarai Timur akan membawa Paulus dan istrinya ke fasilitas kesehatan terdekat untuk pemeriksaan awal.

“Hasil pemeriksaan awal itu kemudian menjadi acuan bagi Kementerian Sosial untuk memberikan bantuan terhadap penderita tunanetra seperti biaya operasi mata atau penanganan medis lainnya,” ujarnya.

Informasi tentang kondisi Paulus dan istrinya diketahui publik setelah Bripka Heribertus dan Briptu Bayu mengunjungi keluarga tersebut pada Sabtu, 17 Juni 2022.

Sehari setelah kunjungan kedua anggota Polres Matim itu, sejumlah  media merilis berita tentang kondisi keluarga Paulus hingga kemudian mendapat respons Kemensos. 

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA