Dua Cerpen Sastrawan Asal Flores Timur Ini Masuk Anugerah Cerpen Kompas

Larantuka, Ekorantt.com – Dua cerpen Silvester Petara Hurit, sastrawan yang berasal dari Larantuka, Kabupaten Flores Timur ini lolos Anugerah Cerpen Pilihan Kompas.

Hal ini dibenarkan Silvester ketika dikonfirmasi Ekora NTT terkait dua cerpennya yang lolos Anugerah Cerpen Kompas tersebut pada Selasa (28/6/2022).

“Cerpen pertama Menghantar Benih Padi ke Ladang (2020). Yang kedua, Kabar di Malam Natal (2021),” ungkap Silvester bangga.

Silvester sendiri tak menyangka dirinya bisa meraih nominasi Anugerah Cerpen Kompas dalam waktu yang relatif singkat.

“Saya masih baru sekali menulis cerpen. Ini awal yang baik untuk menjadi cerpenis,” ujarnya.

iklan

Tentu, kata Silvester, untuk menjadi cerpenis butuh proses yang panjang dengan melalui kebiasaan menulis dan belajar sepanjang hayat.

“Dan saya percaya menulis butuh proses, butuh proses belajar yang panjang. Karena karya seni baik pertunjukan maupun sastra tak pernah instan,” tandasnya.

Selain itu, ia mengatakan, menulis karya sastra seperti cerpen selalu membutuhkan kesabaran dan ketekunan yang panjang.

Untuk diketahui, Silvester Petara Hurit adalah salah satu ASN di Kabupaten Flores Timur yang bergiat juga di dunia seni pertunjukan dan kepenulisan teater, kritik seni, dan juga menulis karya-karya sastra.

Dua tulisannya masuk dalam nominasi Kompas berkat ketekunannya dalam menyisihkan waktu di sela-sela kesibukannya untuk menulis.

Silvester adalah sastrawan Indonesia yang berasal dari Flores Timur, Nusa Tenggara Timur yang juga sangat aktif dalam Teater Nara yang didirikannya di mana gerakan Teater Nara selalu memberikan warna khas kedaerahan yang selalu menginspirasi semua orang.

TERKINI
BACA JUGA