Bupati Djafar Buka Turnamen Sepak Bola Antar Desa di Nangapanda, Hadiah Puluhan Juta Rupiah

Ende, Ekorantt.com – Bupati Ende Djafar Achmad didampingi Wakil Bupati Ende Erikos Emanuel Rede dan Ketua Askab Ende Sabrin Indradewa, membuka Turnamen Sepak Bola antar desa se-Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende pada senin (25/7/2022).

Pertandingan antar desa memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 tersebut diikuti 31 tim dari 28 desa; satu kelurahan dan tiga desa persiapan di wilayah itu.

Bupati Djafar mengatakan, pemerintah selalu memberikan dukungan dan perhatian terhadap perkembangan dan pembinaan berbagai bidang olahraga untuk menciptakan atlet berprestasi.

“Saya dan Pak Erik datang itu wujud dukungan terhadap penyelenggaraan olahraga. Jaga sportifitas dan olahraga harus mempersatukan. Tidak boleh ada keributan. Kalau tim ribut berarti kadesnya yang tidak benar. Harus bertanggung jawab,” katanya.

Djafar bilang, pemerintah melalui KONI Kabupaten Ende mengalokasikan anggaran Rp10 juta untuk mendukung penyelenggaraan turnamen antar desa di Kecamatan Nangapanda.

iklan

Camat Nangapanda, Irwan Nua saat dikonfirmasi Ekora NTT menjelaskan, penyelenggaraan turnamen sepak bola digelar atas prakarsa para kepala desa dan Bank NTT sebagai sponsor dalam rangka HUT RI dan seleksi pemain Kecamatan Nangapanda dalam mengikuti Bupati Ende Cup.

“Ini gelaran pertama dan akan menjadi rutinitas tahunan ke depan karena ada piala bergilir. Saya ucapkan terima kasih kepada para kepala desa yang memprakarsai turnamen ini. Selain peringatan HUT RI, ini juga untuk seleksi pemain menghadapi Bupati Ende Cup nanti,” ungkap Irwan.

Sementara itu, Ketua Panitia Turnamen Sola Bola antar desa se-Kecamatan Nangapanda, Urbanus Benga Karo menerangkan bahwa turnamen tersebut didukung penuh oleh Askab Ende.

“Kita didukung penuh oleh Askab Ende, wasit yang memimpin pertandingan dan juga inspektur pertandingan dari Askab Ende. Itu bukti jika turnamen ini digelar secara profesional,” katanya.

Untuk itu Kepala Desa Kerirea tersebut meminta para pemain dan ofisial dari 31 tim yang akan bertanding untuk benar-benar menjaga kenyamanan dan sportifitas dalam bertanding.

Pria yang kerab disapa Ambon Karo mengurai, panitia menyiapkan Piala Tetap dan Piala Bergilir serta hadiah uang bagi Juara I Rp7,5 juta, Juara II Rp5 juta, Juara III Rp3 juta dan Juara IV Rp2 juta.

Pantauan Ekora NTT, selain hadiah yang disiapkan Panitia, Koni Ende juga menambahkan hadiah bagi para juara dengan menyumbang Rp10 juta dan DPC PKB Ende menyumbang Rp3 juta.

Pembukaan turnamen tersebut juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Ende, Oktavianus Moa Mesi, Anggota DPRD Ende Ambros Reda, Maksi Deki dan Samsudin.

Turut hadir Kapolsek Nangapanda Ansel Leza serta Pimpinan Bank NTT Cabang Ende Frans Boli Tobi.

Pada laga pembuka, kesebelasan Desa Mbobhenga mampu mengalahkan Desa Rendu Rua dengan skor 2:0.

TERKINI
BACA JUGA