Beri Materi ke Peserta PKKMB, Dandim Manggarai Sebut Penjajahan Saat Ini adalah Teknologi

Ruteng, Ekorantt.com – Dandim 1612 Manggarai, Letkol Inf. Mohamad Faisal menyebut penjajah pada saat ini adalah teknologi yang sedang berkembang pesat.

Ia menyampaikan hal ini saat memberikan materi kepada peserta PKKMB Fakultas Kesehatan Unika Santu Paulus Ruteng yang bertajuk ‘Peran Pemuda untuk Bangsa’ di Aula Missio, Selasa (23/08/2022).

“Kita sedang dijajah oleh teknologi. Era teknologi memunculkan perubahan perkembangan kehidupan semakin cepat,” jelasnya.

Sejauh pengamatannya, Letkol Mohamad menilai, secara tidak sadar bangsa ini sedang dirundung oleh penjajahan teknologi informasi.

Untuk itu, pihaknya mengajak mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut dengan mewarisi konsep-konsep dan kebiasaan budaya kita sendiri.

iklan

Ia menyebutkan salah satu bukti nyata adalah pemerintah Kabupaten Manggarai yang menerapkan penggunaan Songke Manggarai pada hari kerja.

“Praktis penggunaan Songke Manggarai merupakan salah satu bentuk pewarisan budaya sebagai cara melawan perang dunia digitalisasi di era modernisasi,” terangnya.

Letkol Mohamad berpendapat, tantangan ilmu teknologi bagi pemuda Manggarai adalah akan melumpuhkan sumber daya manusia.

“Dengan perkembangan teknologi akan terbalik semua kebutuhan sumber daya manusia. Semua itu karena akan terkendali oleh alat. Kebutuhan sumber daya manusia semakin berkurang. Karena semua akan tergantung dengan mesin,” pungkasnya.

Menanggapi itu, Yustina Jessica Nurleny, salah satu peserta mendukung pernyataan Letkol Inf. Mohamad Faisal.

Jessica bilang, banyak anak-anak sekolah sekarang cenderung meluangkan waktunya untuk bermain Handphone ketimbang membaca buku.

“Nyatanya banyak anak-anak sekolah yang lebih banyak waktunya bermain media sosial ketimbang membaca buku,” katanya.

Oleh karena itu, ia mengajak semua generasi milinial supaya pekah dan bertanggung jawab menghadapi arus teknologi yang masif saat ini.

TERKINI
BACA JUGA