Company Visit Mahasiswa Teknik Sipil Unika Ruteng di Perumda Wae Mbeliling

Ruteng, Ekorantt.com – Sebanyak 20 mahasiswa Semester III Program Studi (Prodi) Teknik Sipil Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng melaksanakan kuliah lapangan dan company visit ke Perumda Air Minum Wae Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Senin (30/8/ 2022).

Ketua Prodi Teknik Sipil, Gusti Made Bagus Baskara menjelaskan, kegiatan tersebut diprakarsai Program Studi Teknik Sipil Unika Santu Paulus Ruteng dan Perumda Wae Mbeliling Kabupaten Manggarai Barat.

Kegiatan itu, lanjut dia, dilaksanakan sebagai bentuk implementasi keilmuan pada dunia industri dari proses pembelajaran di kelas bagi mahasiswa.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk pemahaman dan pengalaman bagi mahasiswa, agar dengan mudah memahami teori keilmuan yang telah diperoleh dari kegiatan perkuliahan dalam praktiknya di lapangan,” ungkapnya.

“Dengan kata lain, kegiatan ini sebagai sinkronisasi akademisi dan praktisi dalam bidang keteknikan,” sambungnya.

iklan

Menurut Bagus Baskara, sebelum melaksanakan kegiatan ini, satu semester sebelumnya mahasiswa telah dibekali ilmu dasar keteknikan, yaitu mekanika fluida dan hidrolika, yang praktiknya terlihat pada industri Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) terutama terkait konsep saluran tertutup.

“Bahkan, dengan status Perumda Air Minum Wae Mbeliling sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia, mahasiswa juga dapat melihat bagaimana manajemen pengelolaan SPAM secara langsung dengan mendatangi dan melihat aktivitas pekerjaan di kantor pusat dan kantor SPAM Perumda Air Minum Wae Mbeliling,” terangnya.

Dengan melaksanakan kegiatan ini, dia menyebutkan beberapa aktivitas dilakukan mahasiswa adalah mengunjungi kantor pusat Perumda Air Minum Wae Mbeliling, dilanjutkan ke kompleks SPAM Wae Mese II.

Mahasiswa juga diperkenalkan proses produksi hingga distribusi air minum dan teknologi-teknologi pendukung, termasuk ruang pusat kontrol yang merupakan sistem manajemen terpadu SPAM di Labuan Bajo.

“Harapan kami, mahasiswa semakin menyadari betapa kompleksnya ilmu teknik sipil, termasuk dalam dunia industri. Dengan kuliah lapangan dan company visit, mahasiswa semakin bersemangat dan semakin menyadari peran mereka kelak sebagai engineer untuk pembangunan. Selain itu, ini akan menjadi dasar pelaksanaan kuliah lapangan berikutnya,” pungkasnya.

Sementara Direktur Perumda Air Minum Wae Mbeliling, Aurelius H. Endo menyampaikan apresiasi atas kehadiran mahasiswa Teknik Sipil Unika Santu Paulus Ruteng yang telah menjadi warna baru bagi lembaga tersebut.

Dikatakannya, melibatkan mahasiswa dan dosen dalam kegiatan menjadi penguat bagi Perumda untuk tetap hadir dan melayani masyarakat. Perumda akan semakin kuat jika didukung oleh akademisi.

Ia berharap, mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini memperoleh informasi dan ilmu yang bermanfaat sebagai penambahan wawasannya sebagai calon engineer.

“Kegiatan ini juga diharapkan akan menjadi momen awal kerja sama antara Unika Santu Paulus melalui Prodi Teknik sipil dengan Perumda Air Minum Wae Mbeliling,” tutupnya.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA