Spegon Laksanakan 7 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Maumere, Ekorantt.com – SMP PGRI 1 Egon (Spegon) Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, melaksanakan 7 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Tujuh bentuk proyek tersebut meliputi kuliner, musik tradisional, tarian tradisional, paduan suara, lagu daerah, latung lawang kleteng latar atau nau noan (mendongeng) dan paket maneng (tata cara berpakaian adat).

“Kuliner Lekun makanan tradisional berupa kue khas Etnis Sikka Krowe menjadi proyek pertama Penguatan Profil Pelajar Pancasila Spegon,” ujar Koordinator Proyek, Irene Sidok kepada Ekora NTT Minggu (4/9/2022).

Wakasek Kurikulum Spegon ini lebih lanjut menjelaskan, pembuatan Lekun ini dimulai pada Sabtu pertama, yang mana awalnya, peserta didik menyusun proyek kegiatan. Selanjutnya, pada Sabtu kedua, anak-anak melaksanakan wawancara dengan orang tua atau narasumber.

“Sabtu ketiga, mereka mempresentasikan hasil wawancara mulai dari bahan atau alat dan cara pengolahan. Aksi nyata dilakukan pada Sabtu 3 September 2022,” terang Irene.

iklan

Dikatakan peserta didik sangat antusias dengan proyek ini karena mereka dapat merumuskan tujuan sendiri, mencari narasumber sendiri, dan merencanakan aksi nyata.

Lekun yang sudah dimasukkan ke dalam wadah bambu yang sudah dibakar dan matang/Ekora NTT

Irene bilang, Proyek Penguatan Profil Pelajar ini mengusung tema “Spegon Loves Traditional Arts and Culture” dan bertujuan agar peserta didik mengenal dan melestarikan seni dan budaya daerah Sikka etnis Krowe.

“Dalam proyek ini, yang menjadi fokus penilaian adalah nilai-nilai sikap,” tegasnya.

Sementara Kepala SMP PGRI I Egon, Rafael Rapa mengharapkan proyek ini perlahan-lahan bisa menumbuhkan nilai sikap anak yang kelak bisa dilaporkan kepada orang tua.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA