Kepala BPS Sikka Minta Petugas Regsosek Bekerja Jujur

Maumere, Ekorantt.com – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sikka, Kristanto Setyo Utomo meminta petugas pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022 untuk bekerja secara jujur dan bertanggungjawab agar mendapatkan data yang valid di lapangan.

“Petugas Regsosek harus bekerja dengan jujur di lapangan. Datanya jangan ditambah-tambahin dan jangan dikurang-kurangin,” tutur Kristanto kepada Ekora NTT di ruang kerjanya, Jumat (30/9/2022).

“Mendata sesuai dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat,” tambahnya.

Kristanto juga meminta masyarakat juga harus jujur memberikan data yang benar sesuai fakta agar program pemerintah tepat sasaran dan kesejahteraan masyarakat pun bisa tercapai.

Ia mengatakan, petugas Regsosek tahun 2022 berjumlah 593 orang, yang terdiri dari 447 Petugas Pencacah Lapangan (PCL), 120 Petugas Pemeriksa Lapangan, (PML), dan 26 Petugas Koordinasi Sensus Kecamatan (Koseka).

iklan

“Mereka sementara mengikuti pelatihan di dua tempat yakni di Hotel Pelita dan Hotel Go Maumere,” ujar Kristanto.

“Pelatihan itu terdiri dari lima gelombang. Dan sudah kita mulai sejak tanggal 26 September dan akan berakhir pada tanggal 08 Oktober 2022,” tambahnya.

Dijelaskan pula pelatihan itu bertujuan untuk memberikan pemahaman yang sama tentang konsep dan definisi dari rincian pertanyaan-pertanyaan yang ada di dalam kuesioner.

“Pendataan Regsosek ini dijadwalkan akan dimulai pada tanggal 15 Oktober sampai dengan tanggal 14 November 2022,” jelasnya.

Kegiatan Regsosek, kata Kristanto, sebagai prasyarat utama reformasi sistem perlindungan sosial, transformasi data menuju Registrasi Sosial Ekonomi sebagai upaya perubahan penyediaan data yang bersifat sektoral, menjadi data yang terintegrasi dan akurat.

“Pendataan awal Regsosek akan menghasilkan data terpadu tidak hanya untuk program perlindungan sosial, tetapi juga data sosial ekonomi keluarga yang dibutuhkan untuk perencanaan pembangunan yang lebih terarah,” jelas Kristanto.

Oleh karena itu, ia berharap kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini harus memiliki semangat yang tinggi dan punya komitmen untuk menyukseskan Regsosek 2022.

TERKINI
BACA JUGA