RSU Pusat Pratama Kupang yang Akan Diresmikan Diberi Nama Ben Mboi

Kupang, Ekorantt.com – Wakil Ketua Komisi IX, Emanuel Melkiades Laka Lena mengatakan bahwa Rumah Sakit Umum (RSU) Pusat Pratama Kupang yang akan segera diresmikan diberi nama Ben Mboi.

Penggunaan nama itu, kata Melky, dikarenakan Ben Mboi merupakan salah satu sosok tokoh kesehatan baik di tingkat daerah maupun tingkat nasional.

“Ada dua tokoh kesehatan yang diusulkan yakni Ben Mboi dan Hendrik Fernandez. Karena senior nama Ben Mboi dipilih,” ujar Melki di hadapan ratusan warga Manulai dalam kegiatan Sosialisasi Fasilitas Pelayanan Kesehatan bersama Kementerian Kesehatan pada Senin (12/12/2022).

Penggunaan nama Ben Mboi sudah mendapat izin dari Bupati Manggarai Heribertus Nabit. Heribertus, lanjut Melki, telah membuat surat persetujuan pelepasan nama rumah sakit Ben Mboi di Manggarai untuk digunakan di Rumah Sakit Umum Pusat Pratama.

Perkuat Faskes di NTT

iklan

Melki menjelaskan rumah sakit ini menyediakan rumah duka sebanyak dua unit bagi masyarakat yang ingin menyemayamkan jenazah. Rencananya proses peresmian akan dilaksanakan pada 22 Desember 2022 mendatang.

“Dari sisi semua kesiapan sudah online. Rumah sakit umum pusat pratama akan segera diresmikan oleh pemerintah. Tinggal menunggu waktu dari Menkes dan Gubernur,” ujar Melki.

“Dia punya model ikoniknya ini sasando. Yang pasti konsepnya sasando,” tambah Ketua DPD Partai Golkar NTT ini.

Kehadiran Rumah Sakit Umum Pusat Pratama di Kota Kupang adalah bentuk tanggungjawab dirinya sebagai wakil rakyat dari NTT.

Sebagai DPR RI, ia memerankan fungsi legislatif untuk mendorong kebijakan dalam rangka memperkuat fasilitas kesehatan di NTT.

Melki juga telah berjuang menghadirkan 50 puskesmas yang tersebar di seluruh NTT dan telah membangun rumah sakit pratama di Kabupaten TTS, TTU dan Manggarai.

“Puskesmas kita dorong hadir di NTT. Rumah Sakit Pratama di TTS, TTU dan Manggarai. Yang gagal bangun itu di Kabupaten Ende dikarenakan pemda gagal tender sehingga uang dikembalikan ke pusat,” ucapnya.

Ia juga menambahkan bahwa di tahun 2023, Provinsi NTT akan mendapat satu lagi rumah sakit pratama di Kabupaten Malaka bantuan dari Kementerian Kesehatan RI.

“Kami akan dorong terus agar pembangunan kesehatan bisa maksimal,” tandas Melki.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA