Warga Naikoten Gelar Lomba Lato-Lato untuk Lepaskan Anak dari Ketergantungan Gadget

Kupang, Ekorantt.com – Permainan tradisional Lato-Lato di Kota Kupang saat ini menjadi tren di kalangan anak-anak bahkan sampai kalangan dewasa.

Permainan yang mengeluarkan suara tek-tek-tek dan merupakan salah satu jenis permainan ketangkasan kini menghiasi media sosial ini akan dilombakan di Kota Kupang bagi para penggemarnya khususnya anak-anak usia 5 sampai 15 tahun.

Kali ini, yang menyelenggarakan perlombaan Lato-Lato di Kota Kupang adalah warga RT 26, RW 10, Kelurahan Naikoten 1, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang.

Ketua Panitia Penyelenggara Lomba Lato-Lato Rinto Nugraha mengatakan panitia telah menyediakan hadiah jutaan rupiah bagi para pemenang.

“Biaya pendaftaran hanya Rp20 ribu per anak. Para pemenang akan diberikan hadiah berupa piala, merchandise dan door prize serta hadiah jutaan rupiah bagi pemenang. Panitia telah bekerja sama dengan XL sebagai sponsor,” ujar Rinto di Kupang, Kamis.

iklan

Ketua RT 26 ini mengatakan lomba Lato-Lato ini akan diselenggarakan di halaman rumah Sinyo Parera-Fernandez RT 26 pada Sabtu (28/1/2022) pukul 15.00 WITA sampai selesai.

Lomba permainan Lato-Lato akan dilaksanakan dalam bentuk uji ketahanan lama bermain Lato-Lato dilanjutkan dengan free style.

Persyaratan umum yang harus ditaati adalah Lato-Lato yang terbuat dari bahan plastik keras. Tali yang dipakai untuk mengikat terbuat dari tali nilon kecil. Panjang tali dihitung dari ikatan bawah lubang jari sampai ke ikatan bulatan Lato-Lato adalah 14-15 cm dan ukuran keliling bulatan Lato-Lato adalah 12 cm-13 cm.

Ia mengatakan bahwa lomba diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan anak-anak dalam permainan ketangkasan, menjauhkan anak-anak dari ketergantungan gawai atau gadget setiap hari dan meningkatkan rasa percaya diri anak-anak dalam berkompetisi secara sehat.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA