Dewan Apresiasi Kinerja Manajemen BLUD SPAM

Kupang, Ekorantt.com – Komisi III DPRD NTT mengapresiasi kinerja manajemen BLUD SPAM NTT atas langkah manajemen menyiapkan air bersih layak pakai untuk pemenuhan kebutuhan air bersih di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang.

Apresiasi ini disampaikan anggota Komisi III DPRD NTT, Lili Adu, usai memantau langsung instalasi pengelolaan air atau Water Treatment Plant (WTP) di Tulun, Kabupaten Kupang, pekan lalu.

Menurut Lili, saat ini yang dibutuhkan BLUD SPAM adalah intervensi anggaran dari pemerintah untuk membenahi atau mengganti fasilitas lama dengan baru.

“Ada beberapa alat yang usianya 25 tahun dan harus diganti. Harus ada penambahan anggaran karena ada bangunan kantor yang sudah tidak layak,” ujar Lili di Kupang, Senin (27/2/2023).

Sementara Hugo Rehi Kalembu menyampaikan BLUD SPAM saat ini butuh intervensi anggaran dari pemerintah untuk mengganti tiga mesin pompa di WTP Tulun dan memperbaiki gedung BLUD SPAM dan juga pemeliharaan alat penyaringan air minum.

iklan

“Tiga mesin pompa ini usianya sudah 21 tahun dan butuh anggaran sekitar Rp1,5 miliar untuk menggantinya,” ungkap Hugo.

Hugo Kalembu mendorong manajemen BLUD SPAM NTT berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II selaku pemilik bendungan Tilong guna dimanfaatkan sebagai tempat wisata.

“Selain sebagai penyuplai air minum, bisa dijadikan sebagai tempat wisata air dan wisata pemancingan,” ujar Hugo.

Untuk diketahui, Bendungan Tilong dan WTP Tulun adalah aset BWS NT II. Oleh karena itu, penataan aset untuk optimalisasi pengolahan air baku untuk kebutuhan air minum masyarakat Kota Kupang dan Kabupaten Kupang perlu berkoordinasi dengan pihak BWS NT II.

TERKINI
BACA JUGA