55 Persen Warga Kota Ende Belum Akses Air Bersih dari Perumda Tirta Kelimutu

Ende, Ekorantt.com – Sebanyak 12.841 kepala keluarga (KK) atau 55 persen warga di kota Ende belum mengakses pasokan air bersih dari Perusahan Daerah (Perumda) Tirta Kelimutu.

Berdasarkan data Konsolidasi Bersih Kependudukan (DTK) Dukcapil Ende per Juni 2022, jumlah KK di Kecamatan Ende Timur, Ende Tengah, Ende Utara dan Ende Selatan mencapai 24.226.

Dari jumlah tersebut, baru tercatat 11.385 KK atau 45 persen terdaftar sebagai pelanggan Perumda Tirta Kelimutu. Sisanya ialah keluarga yang masih mengakses pasokan air tangki dari beberapa perusahan swasta dalam kota Ende.

Sedangkan jumlah penduduk terlayani air bersih dari Perumda baru mencapai 73.464 jiwa dari total jumlah penduduk Kabupaten Ende 272.078 jiwa.

Jhonatan Kaki, salah satu warga Kelurahan Mautapaga meminta pemerintah mendukung manajemen Perumda Tirta Kelimutu agar semua warga Ende terlayani akses air bersih.

iklan

Dia bilang, air bersih menjadi kebutuhan dasar masyarakat. Termasuk pertumbuhan investasi dan ekonomi di kota Ende juga mesti didukung oleh ketersediaan pasokan air bersih.

“Memang Pemda dan DPRD mesti perhatikan kondisi perusahan daerah tersebut. Infrastruktur harus dibenahi agar semua warga dalam kota Ende bisa terlayani,” ujar dia.

Jhonatan menilai, perlu pembenahan total infrastruktur instalasi perpipaan termasuk penyedian energi listrik agar kualitas rumah produksi air di Perumda Tirta Kelimutu dapat ditingkatkan.

“Di sana itu pakai listrik PLN. Kalau padam tentu sudah mengganggu produksi air dan tentu penyaluran ke warga jadi terhambat. Ini juga harus bisa dilihat Pemkab dan DPRD Ende,” tegas Jhonatan.

TERKINI
BACA JUGA