Kelurahan Danga Launching Dapur Sehat Atasi Stunting

Mbay, Ekorantt.com – Pemerintah Kelurahan Danga, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo meluncurkan program Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT). Program tersebut menjadi pusat edukasi pencegahan stunting melalui orangtua sebagai sasaran.

“Selama ini bias, sosialisasi kepada orang yang tidak mengurus stunting,” ujar Lurah Danga, Yohanes Lado dari Mbay, Jumat malam.

Yohanes menyadari tren penurunan angka stunting di Kelurahan Danga rendah karena disebabkan jumlah penduduk banyak dan angka kelahiran tinggi. Pada tahun 2021, angka stunting di wilayah itu berjumlah 32, turun menjadi 24 anak per Mei 2023.

Penurunan yang tidak signifikan membuat pemerintah setempat menerapkan program DASHAT yang sifatnya semi permanen. Program itu di dalamnya menerapkan sistem pengawasan melekat.

“Tidak lagi hanya sekedar monitoring dan evaluasi. Kita gempur betul mengenai kesehatan anak,” ujar dia.

iklan

Ia menyebutkan jumlah ibu hamil di Kelurahan Danga sebanyak 94. Sedangkan jumlah bayi lima tahun (balita) sebanyak 645 orang.

Dalam penanganan kesehatan ibu hamil dan balita, pemerintah setempat menerapkan pendekatan kemanusiaan berbasis gotong royong selain pendekatan program dari segi kesehatan.

Pendekatan kemanusiaan disentuh dari remaja putri pertama kali menstruasi yang saat ini duduk di kelas 4 SD. Para remaja putri ini diberi tablet tambah darah dan perketat mengonsumsi makanan sehat.

Ketua PKK Nagekeo dr Eduarda Yayik Pawitra Gati sedang menyuap bayi di wilayah Kelurahan Danga (Foto: Dok pribadi/HO)

“Nah, orangtua tadi harus mengawasi makanan ke anak putri. Dari pekarangan ke meja makanan harus sehat,” katanya.

Selanjutnya ialah mengawasi rutinitas posyandu, pemberian nutrisi pangan lokal kepada ibu hamil, porsi makanan sehat yang terukur serta sistem pola asuh.

“Justru ada anak dari kalangan nakes (tenaga kesehatan), PNS dan aparat yang stunting. Itu karena faktor pola asuh yang tidak sehat,” kata Lurah Yohanes.

Ke depan, Lurah Danga berencana menerapkan program arisan protein kepada ibu hamil untuk menekan angka stunting dari laju pertumbuhan penduduk di pusat kota Nagekeo itu.

TERKINI
BACA JUGA