Golo Loni Masuk 15 Desa Wisata Terbaik, Kades: Hasil Kerja Semua Pihak

Borong, Ekorantt.com – Desa Golo Loni di Kecamatan Rana Mese, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, terpilih sebagai 15 desa wisata terbaik di Indonesia untuk kategori desa sangat tertinggal, tertinggal, dan berkembang.

Desa Wisata Golo Loni masuk 15 besar desa terbaik di Indonesia setelah melewati tahapan seleksi dokumen, presentasi, wawancara dan verifikasi lapangan oleh tim juri dalam lomba Desa Wisata Nusantara tahun 2023.

Lomba ini digelar oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.

Desa Golo Loni merupakan desa binaan BPOLBF dan menjadi satu-satunya desa di wilayah Flores yang meraih prestasi tersebut. Penghargaan ini akan diterima pada acara Malam Anugerah dan Apresiasi Pemenang Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 yang dilaksanakan di Desa Senggigi, Batu Layar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat pada Jumat, 24 November 2023 mendatang.

Sebelumnya Desa Wisata Golo Loni masuk 45 besar setelah melewati tahapan presentasi di hadapan dewan juri.

iklan
Beberapa wisatawan mancanegara saat menikmati suguhan kuliner dan balutan alam Desa Wisata Golo Loni

Selanjutnya dari 45 desa tersebut dilakukan assesment dan dikerucutkan menjadi 15 desa wisata terbaik.

Untuk menuju ke-15 besar, dilakukan verifikasi lapangan oleh tim juri untuk memastikan kesesuaian data, dokumen pendukung dan informasi yang telah dipresentasikan.

Tim juri yang melakukan penilaian terdiri dari praktisi dan akademisi pariwisata dan tim pendamping dari Kemendes PDTT.

Di Golo Loni, tim juri melakukan kunjungan ke seluruh atraksi wisata yakni farmstay, atraksi river tubing anak-anak, kolam ikan, jalur sepeda, agrowisata, air terjun, atraksi menganyam tikar, gua alam Watu Tahang, dan spot wisata buatan Golo Depet.

Kepala Desa Golo Loni Johan Okalung mengaku sangat bersyukur atas pencapaian yang telah diraih Desa Wisata Golo Loni.

Selaku pengelola Desa Wisata Golo Loni, Kades Johan menyambut gembira atas prestasi yang telah diraih pada lomba Desa Wisata Nusantara tahun 2023.

“Ini merupakan hasil kerja keras semua pihak mulai dari pemerintah desa, BUMDes, dan seluruh masyarakat Desa Golo Loni,” katanya.

Bupati Manggarai Timur Agas Andreas juga mengaku bangga atas prestasi yang diperoleh Desa Wisata Golo Loni.

Bupati Agas menyampaikan apresiasi kepada pihak Kemendes PDTT khususnya panitia lomba yang telah memilih Desa Golo Loni menjadi salah satu dari 15 desa wisata terbaik di Indonesia tahun 2023.

Menurut dia, Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 sangat penting karena mendukung pertumbuhan ekonomi di desa melalui desa wisata.

“Berharap semoga pencapaian ini semakin memacu pemerintah desa, pengelola dan masyarakat Desa Golo Loni untuk lebih semangat mengelola pariwisata,” harap dia.

Bupati Agas juga mengharapkan prestasi yang diraih Desa Golo Loni bisa menginspirasi desa-desa lain di Kabupaten Manggarai Timur agar lebih serius mengembangkan pariwisata.

TERKINI
BACA JUGA