(Hoaks) Prabowo Baring di Rumah Sakit Setelah Pilpres

Ruteng, Ekorantt.com – Sebuah foto mirip Calon Presiden Prabowo Subianto tengah berbaring di sebuah tempat tidur di rumah sakit beredar luas di berbagai platform media sosial, tak terkecuali warga Flores, NTT.

Sosok mirip Menteri Pertahanan itu terlihat mengenakan baju kemeja biru bergaris-garis. Foto tersebut diunggah oleh pemilik akun TikTok Dewa Petir pada 16 Februari 2024, dua hari setelah pilpres berlangsung dan sudah menembus 3,4 M kali tayang.

“Meskipun kami bukan pendukungmu tapi kami akan selalu mendoakan kesembuhan Bpk Prabowo Agar Bpk bisa melihat Pak Anis jadi Presiden RI,” tulis pemilik akun Dewa Petir.

Ekora NTT kemudian melakukan cek fakta terhadap unggahan tersebut. Namun, nyatanya unggahan itu merupakan hoaks, sebab Prabowo Subianto masih melakukan kegiatan setelah pemilu 2024.

iklan

Prabowo Subianto berziarah ke tempat pemakaman umum (TPU) Karet Bivak dan TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Kamis, 15 Februari 2024 siang.

Ziarah dilakukan sehari setelah pemungutan suara Pemilu 2024 dilangsungkan. TPU Tanah Kusir menjadi lokasi pertama yang disambangi Prabowo.

Prabowo tiba sekitar pukul 12.50 WIB ditemani oleh anaknya, Didit Hediprasetyo. Di tempat itu, Prabowo berziarah ke makam ibunya, Dora Marie Djojohadikusumo-Sigar.

Seusai berdoa, Prabowo yang mengenakan kemeja safari warna krem lengan pendek dan bercelana panjang hitam itu, langsung menabur bunga dan menyiram sebotol air ke atas makam tersebut.

Prabowo kemudian melanjutkan perjalanan ke TPU Karet Bivak.

Namun sebelumnya, ia sempat menyapa dan meladeni permintaan foto warga yang kebetulan tengah berziarah di lokasi yang sama.

Sementara itu di Karet Bivak, Prabowo terlihat langsung dibonceng menggunakan sepeda motor usai turun dari mobil, untuk menuju ke makam ayahnya, Sumitro Djojohadikusumo.

Tak jauh dari sana juga terdapat makam kakek Prabowo, R.A Wirodihardjo.

Sama seperti sebelumnya, Prabowo menyempatkan diri untuk berdoa, menabur bunga hingga menyiramkan air ke atas makam-makam tersebut.

“Tadi saya ziarah ke makam ibu saya di (TPU) Tanah Kusir. Sekarang saya ke bapak saya di sini, di Karet ya,” ujar Prabowo, dikutip Tribuntimur.com.

Mengacu pada penelusuran fakta tersebut, foto yang mirip Prabowo Subianto yang sedang baring di rumah sakit merupakan hoaks.


*Konten cek fakta ini merupakan bagian dari kerja sama Ekora NTT dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI)

TERKINI
BACA JUGA