(Hoaks) Megawati Soekarnoputri Meninggal Dunia

Hingga saat ini, unggahan foto itu sudah 4.881 kali dibagikan dan 7681 komentar.

Ruteng, Ekorantt.com – Sebuah flyer yang mengabarkan meninggalnya Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri belakangan ini viral di platform media sosial.

Dalam flyer-nya, terdapat foto Presiden Republik Indonesia ke-5 ini dengan tulisan ‘Turut berdukacita atas berpulangnya Megawati Soekarnoputri’.

Gambar tersebut diunggah oleh akun TikTok @zaki turuan pada 1 Juni 2023 dengan caption ‘#apakah benar ya’. Caption lainya bertuliskan ‘#turutberdukacita’.

Hingga saat ini, unggahan foto itu sudah 4.881 kali dibagikan dan 7681 komentar.

“Kenapan sekarang bu kenapa gak dari dulu aja,” tulis akun @NGAB JOKO di kolom komentar.

iklan

Ekora NTT kemudian melakukan cek fakta terhadap gambar tersebut. Di google terdapat sebuah artikel dengan judul ‘Hoaks Informasi Megawati Soekarnoputri Meninggal Dunia’ yang ditayang rri.co.id pada 14 Juni 2023.

Menukil dari rri.co.id bahwa setelah melakukan penelusuran Turnbackhoax, semua itu hoaks. Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai kabar meninggalnya Megawati Soekarnoputri.

(Hoaks) Megawati Soekarnoputri Meninggal Dunia1
Tangkapan layar flyer yang mengabarkan Megawati Soekarnoputri meninggal di akun TikTok @zaki turuan

Video yang beredar identik dengan video di kanal Youtube KompasTV yang tayang pada 6 Juni 2023 lalu. Unggahan video tersebut berjudul “bahwa Megawati Soekarnoputri bersama Ganjar Pranowo hadir pada Rakernas PDIP.

Mengacu pada penelusuran fakta tersebut, dengan demikian berita yang beredar tentang Megawati Soekarnoputri meninggal dunia adalah hoaks. Foto, video maupun informasi yang beredar masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.


*Konten cek fakta ini merupakan bagian dari kerja sama Ekora NTT dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI)

TERKINI
BACA JUGA