Kemah Pramuka SMP Tananuwa Bentuk Karakter Peserta Didik

Adapun materi yang diajarkan pada kegiatan perkemahan tersebut yakni, ujian Syarat Kecakapan Umum (SKU).

Maumere, Ekorantt.com – Sekitar 50 peserta didik SMP Tananuwa mengikuti kemah Pramuka di Wolosambi, Desa Tuwa Kecamatan Tanawawo, Kabupaten Sikka pada Jumat-Minggu, 14-16 Juni 2024.

Kepala SMP Tananuwa Yohanes Ambras Ngaga mengatakan, kemah pramuka bertujuan untuk membentuk karakter dan kreativitas peserta didik.

Selain itu, menjunjung tinggi nilai pramuka dan cinta tanah air, saling mengenal baik di antara sesama penggalang maupun dengan lingkungan sekitar. 

“Kegiatan ini diikuti peserta didik dari kelas VII dan VIII. Mereka didampingi oleh kepala sekolah dan dua orang pembina Pramuka,” ujarnya.

iklan

Benediktus Bata, selaku pendamping kegiatan perkemahan mengatakan, para peserta didik mesti menimba pengalaman baru  dalam hal menjaga lingkungan, mengembangkan kemampuan diri, mengatasi tantangan yang dihadapi, dan menemukan kembali cara hidup yang menyenangkan dalam kesederhanaan.

Adapun materi yang diajarkan pada kegiatan perkemahan tersebut yakni, ujian Syarat Kecakapan Umum (SKU).

“Tujuannya agar bisa mendorong dan merangsang anggota Pramuka agar memiliki kecakapan yang berguna bagi kehidupannya, dan terlebih memenuhi syarat menjadi anggota Pramuka,” jelas Benediktus.

Kemudian materi mencari jejak, menafsir tinggi pohon, pionering, kompas, struktur organisasi kepramukaan, api unggun, pelantikan kenaikan tingkat penggalang dari ramu ke rakit, dari rakit ke terap.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA