Melki Laka Lena Dorong Pelaku UMKM di Manggarai Produksi Jamu Berkualitas

Setelah melewati tahapan itu, pemerintah akan mendorong akses pemasaran lokal terlebih dahulu dan didukung dengan fasilitas pengolahan yang baik.

Ruteng, Ekorantt.com – Anggota DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena atau Melki Laka Lena mendorong masyarakat Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur untuk memproduksi jamu yang berkualitas.

“Kegiatan ini untuk memastikan jamu yang sehat sehingga bisa digunakan dengan baik bagi masyarakat kita,” kata Laka Lena ketika kegiatan Edukasi Pembuatan dan Penggunaan Jamu yang Aman, Bermutu, dan Bermanfaat yang berlangsung di Aula Gedung Utama Unika St. Paulus Ruteng pada Minggu, 16 Juni 2024.

Setiap daerah, jelas dia, memiliki tanaman obat yang khas sesuai dengan karakter wilayah. Di Manggarai, misalnya, tumbuh tanaman jahe, faloak, dan temulawak yang cukup banyak.

“Itu yang kita dorong kepada masyarakat memahami penggunaan bahwa itu bisa digunakan untuk menjaga kesehatan,” tegasnya.

iklan

Politisi Golkar ini berharap, tanaman jenis obat di Manggarai dapat diolah menjadi produk obat herbal yang berkualitas dan bermanfaat sesuai dengan hasil uji kesehatan.

“Kendalanya adalah soal pengolahan yang belum dilakukan secara baik dan masih membutuhkan alat teknologi untuk menjadi obat yang baik,” ujar Laka Lena.

Bupati Manggarai Herybertus G. L. Nabit berkata, sejauh pengamatannya, pengolahan sederhana obat herbal sudah dilakukan dengan baik selama ini. Namun, perlu dikaji tentang kandungan dan khasiatnya dari tanaman-tanaman obat tersebut.

“Tahun ini mudah-mudahan pemerintah bisa masuk sudah. Yang paling penting adalah setiap tempatnya kita fasilitasi bersama untuk BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan),” jelasnya.

Setelah melewati tahapan itu, pemerintah akan mendorong akses pemasaran lokal terlebih dahulu dan didukung dengan fasilitas pengolahan yang baik.

“Pasar lokal kan besar. Karena masyarakat lokal sangat banyak membutuhkan itu,” tutupnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA