Jawab Tuntutan Perbaikan Pelayanan Publik, Direktur Perumda Tirta Komodo Lakukan Sejumlah Terobosan

Ruteng, Ekorantt.com – Direktur Perumda Air Minum Tirta Komodo, Marselus Sudirman, SH, melakukan sejumlah terobosan untuk menjawab tuntutan perbaikan pelayanan publik pada BUMD milik Pemerintah Kabupaten Manggarai itu.

“Untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik sejumlah perbaikan-perbaikan internal pun dilakukan agar harapan para pemangku kepentingan seperti KPM, DPRD dan masyarakat pelanggan bisa terpenuhi,” katanya kepada Ekora NTT, Jumat (19/11/2021).

Terobosan-terobosan penting yang dilakukan Perumda Air Minum Tirta Komodo, kata dia, dapat diringkas dalam tiga hal besar, di antaranya pembenahan sumber daya manusia, kualitas pelayanan, dan pengembangan cakupan pelayanan perusahaan. 

Adapun sejumlah terobosan di bidang sumber daya manusia yang dilakukan selama tiga bulan terakhir, yakni; Pertama, peningkatan pemahaman dan etos kerja pegawai melalui bimbingan teknis dengan bekerja sama dengan Lembaga Nusa Bunga Mandiri pada tanggal 4 hingga 8 Oktober 2021 di Ruteng. 

“Bimtek ini mengikutsertakan seluruh pegawai dan melibatkan tim pengajar profesional dari Lembaga Nusa Bunga Mandiri,” ujarnya.

iklan

Kedua, penjajakan kerja sama dengan Akademi Teknik Tirta Wiyata Magelang, Jawa Tengah, pada 18 Oktober 2021.

Hal penting yang dibicarakan bersama pihak Akademi Teknik Tirta Wiyata saat itu, seperti peningkatan keterampilan pegawai bidang air minum bersih, kerja sama penerapan teknologi air minum dan kerja sama digitalisasi jaringan (SCADA) serta penurunan tingkat kehilangan air (NRW). 

Ketiga, peningkatan kedisiplinan pegawai, khususnya terkait kehadiran saat apel harian yang mulai dari pukul 07.30 Wita, baik di kota Ruteng maupun di ibu kota kecamatan; dan pelaporan pekerjaan yang harus disampaikan secara real time kepada direksi. 

“Indikator perubahan tampak dengan tingkat partisipasi pegawai dalam apel harian sudah mencapai 90 persen,” terangnya.

Keempat, peningkatan semangat kerja sama tim dengan pelibatan aktif Darma Wanita Persatuan pada kegiatan rutin sekali dalam seminggu, misalnya olahraga bersama dan kerja bakti. 

Kemudian, terobosan yang dilakukan untuk meningkatkan pelayanan air minum bersih, yaitu; Pertama, peningkatan kinerja pelayanan dengan adaptasi teknologi air minum bersih.

Dalam rangka adaptasi teknologi ini, pada 19 Oktober 2021, Direktur Perumda AM Tirta Komodo melakukan studi banding di Perumda Tugu Tirta Kota Malang – BUMD air minum terbaik di seluruh Indonesia. 

“Pertemuan itu menjajaki beberapa kerja sama berupa adaptasi teknologi perusahaan air minum di antaranya: Scada Transmisi dan Distribusi, ZAMP (Zona air minum prima), Twuin PDAM, dan peningkatan efisiensi pembayaran rekening air,” sebutnya.

Kedua, dalam rangka perlindungan sumber mata air dan infrastruktur air minum bersih serta penertiban pelanggan, Perumda Air Minum Tirta Komodo menjajaki kerja sama dengan Polres Manggarai dan Kodim 1612/Manggarai. 

“Kerja sama yang menurut rencana akan direalisasikan pada tahun 2022 ini diharapkan akan mengurangi hal-hal yang dapat menghambat pelayanan air minum bersih, seperti gangguan pada sumber mata air, tindak perusakan jaringan perpipaan dan penertiban oknum yang melakukan penyambungan air secara illegal,” katanya.

Ketiga, Perumda AM Tirta Komodo membuka seluas-luasnya akses bagi pelanggan untuk melakukan pengaduan dengan membuka kanal pengaduan melalui media sosial, whatsapp, call center perusahaan, dan memastikan nomor kotak petugas ada zona-zona pelayanan selalu aktif dan dapat bereaksi secara cepat dan tepat manakala terjadi gangguan pelayanan. 

Keempat, untuk meningkatkan efisiensi penagihan piutang, Direktur Marsel membentuk tim khusus untuk mempercepat dan meningkatkan efisiensi penagihan. Tim tersebut sudah bekerja aktif sejak 4 November 2021. Kehadiran tim ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran pelanggan untuk membayar rekening air. 

Kelima, untuk memastikan keamanan air dikonsumsi masyarakat pelanggan,selama November 2021, Perumda AM Tirta Komodo bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai, melakukan pengujian kualitas air minum bersih.

“Pengujian ini untuk memastikan air yang dimanfaatkan pelanggan aman sesuai dengan parameter kesehatan yang ditetapkan Pemerintah,” jelasnya.

Keenam, untuk memastikan water meter pelanggan dapat mengukur secara tepat kubikasi pemakaian air, Perumda AM Tirta Komodo rutin melakukan kegiatan kalibrasi dan pergantian water meter. Hal ini diharapkan meningkatkan akurasi perhitungan kubikasi pemakaian pelanggan. 

Adeputra Moses

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA