Cegah Pengelembungan Anggaran ATK, SMA Negeri 3 Borong Laksanakan USBN dengan CBT

Borong, Ekorantt.com – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Borong di Kabupaten Manggarai Timur memilih melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN)  menggunakan Computer Based Test (CBT).

Menurut Plt Kepala SMA Negeri 3 Borong, Konstantinus Everson Rada,  pelaksanaan ujian menggunakan CBT merupakan salah cara untuk mencegah penggelembungan anggaran belanja Alat Tulis Kantor (ATK), seperti kertas dan lainnya.

Selain itu, lanjutnya, sistem CBT yang tidak membutuhkan pulsa atau jaringan internet sangat membantu guru, karena hanya menginput soal ke dalam aplikasi dalam waktu satu hari.

“(Sistem ini) menghemat waktu guru, dari sebelumnya berbasis kertas prosesnya lama karena mulai dari proses print, pengepakan dan foto copy yang membutuhkan dana banyak dan menghasilkan sampah yang banyak,” katanya kepada Ekora NTT.

Ia menyebut, sistem CBT juga membantu guru dalam proses pemeriksaan dan analisis nilai. Di mana, lanjutnya, selesai ujian, siswa-siswi sudah mengetahui hasil pekerjaan mereka.

iklan

Selain itu, jelasnya, soal ujian yang sudah diinput, dengan sendirinya sistem mengacak nomor soal dan opsi jawaban, sehingga  siswa-siswi tidak bisa menyontek.

“Karena setiap siswa-siswi punya soal yang urutan nomor dan opsi jawabannya berbeda-beda,” katanya.

Ia mengatakan, ujian dengan sistem CBT di SMA Negeri 3 Borong sudah dilakukan sejak 2018.

“Mulai dari kelas satu sampai kelas tiga. Ulangan harian juga kita pakai sistem CBT,” ujarnya.

Selain menggunakan komputer, kata dia, sejumlah peserta USBN di SMAN 3 Borong menggunakan iPad dalam mengerjakan soal.

Ia berterima kasih kepada Kementerian Pedidikan dan Kebudayaan yang telah mengalokasikan bantuan BOS Afirmasi untuk pengadaan iPad di SMA Negeri 3 Borong , sehingga bisa membantu siswa dalam proses USBN tahun ini.

Ambrosius Adir

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA