Wisata Air Panas di Flotim Ramai Dikunjungi Wisatawan

Flores Timur memiliki pesona alam yang indah. Sebut saja pulau pasir putih Mekodi di Adonara Timur yang sudah terkenal.

Selain itu, Flores Timur memiliki kawasan wisata yang juga memikat seperti tempat wisata Pemandian Air Panas di Desa Mokantarak.

Seturut namanya, tempat wisata ini mempunyai sisi khasnya yakni terdapat sumber mata air panas yang keluar dari perut bumi melalui celah bebatuan.

Lokasi wisata ini berada di Desa Mokantarak, 12 KM arah barat kota Larantuka dan bisa jarah tempuhnya sekitar 20 menit menggunakan kendaraan.

Para wisatawan mempunyai beragam pilihan untuk menikmati sensasi air panas ini. Sebab di daerah ini terdapat ratusan sumber mata air dengan tingkat suhu yang beragam.

iklan

Ada sumber mata air yang memiliki suhu yang sangat panas, ada sumber mata air yang memiliki suhu yang sedang (hangat), dan ada pula pada sumber mata air yang memiliki suhu yang dingin dan tawar seperti air biasanya.

Pada tiap sumber mata air itu dibuat petak dengan disusun bebatuan sebagai pemisah. Wisatawan dapat memilih untuk menikmati airnya, baik sekadar merendamkan kaki, merendamkan seluruh tubuh, ataupun mandi sesuai dengan tingkat suhunya.

Lokasi wisata pemandian air panas dilengkapi dengan fasilitas pendukung yakni, tempat parkir kendaraan, wahana permainan anak yang menyenangkan, dan gazebo-gazebo yang berjejer di pinggir pantai.

Pada sisi timur dan barat terdapat sebuah cafe live music yakni Romeo Cafe. Di Romeo Cafe, wisatawan disodori berbagai aneka menu makanan dan minuman lokal.

Selain itu juga disediakan berbagai aneka buku bacaan anak-anak, majalah, dan koran yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan pengunjung untuk membaca.

Tempat wisata air panas kian menawan karena dianugerahi hutan manggrove yang luas. Para pengunjung dapat berwisata menelusuri hutan manggrove dengan menggunakan boardwalk.

Pada bagian tepian hutan manggrove ini terdapat tiga buah gazebo yang berukuran sekitar 5×5 meter.

Pada bagian tengah hutan manggrove terdapat sebuah menara pandang. Dari menara pandang ini wisatawan dapat melihat keseluruhan hijau daun hutan manggrove dari ketinggian. Tempat ini kerap kali dijadikan lokasi berfoto ria.

Pada Gazebo bagian selatan hutan manggrove para pengunjung dihadiahkan dengan pemandangan laut yang indah. Letaknya yang diapiti oleh pulau Adonara dan Solor menjadikan laut ini terlihat bak danau yang sangat luas dan tenang.

Dari tepian pantai hutan manggrove ini momen pergantian sore ke malam menjadi sungguh memikat. Larut dalam hening senja, bersama desir angin laut, ombak yang tenang, dan kerlap-kerlip lampu rumah warga di sepanjang pantai kota Larantuka, sungguh kini menjadi pilihan yang tepat menutup hari.

Bagi travelers yang ingin menikmati alam di NTT khususnya di Flores Timur tentunya belum lengkap jika tidak menyinggahi tepat wisata pemandian Air Panas.

TERKINI
BACA JUGA