Jamkrindo Sambangi Kampus Unipa Maumere, Sulis Usdoko: Mahasiswa Jangan Hanya Mau Jadi PNS

Maumere, Ekorantt.com – Memasuki era revolusi industri 4.0, Perum Jamkrindo (Jaminan Kredit Indonesia)  berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam menumbuhkan semangat kewirausahaan di masyarakat.

Komitmen itu antara lain diimplementasikan melalui kuliah umum di Universitas Nusa Nipa (Unipa) Maumere, Kamis (28/3).

Kuliah umum bertajuk “Self Strong Leadership Sebagai Fondasi Membangun Semangat Kewirausahaan Dalam Perspektif Revolusi Industri 4.0” dan dihadiri 800 mahasiswa Unipa Maumere ini menghadirkan pembicara utama Direktur MSDM, Umum, dan Kepatuhan Perum Jamkrindo, Sulis Usdoko.

Menurut Sulis, era revolusi industri menuntut orang untuk lebih kreatif. Lebih dari itu, untuk menjawabi perkembangan teknologi masa kini, orang harus bisa menjadi wirausahawan.

Karena itu, Sulis berharap, generasi penerus Indonesia khususnya para mahasiswa tidak boleh hanya berorientasi untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil. Tetapi menjadi seorang wirausahawan.

iklan

Baginya, para mahasiswa ini harus mulai diubah pola pikirnya menghadapi perkembangan zaman dan mulai diarahkan untuk menjadi wirausahawan.

“Kalau jadi wirausahawan kesempatan jauh lebih luas apalagi dengan sifat-sifat sekarang tidak ada namanya batasan ruang seperti sekarang ini. Yang ubah dunia ini bukan siapa-siapa tetapi para enterpreneurship (wirausahawan),” ungkap Sulis.

Sulis menambahkan, untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan, ada beberapa hal yang akan terkait, antara lain kepemimpinan dan  perubahan lingkungan bisnis.

Baginya, semangat berwirausaha harus terus didorong karena kewirausahaan itu mesti bisa menjawab persoalan dengan solusi yang berasal dari ide baru.

Kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang berubah, menurut Sulis sangat penting, termasuk perubahan lingkungan bisnis akibat revolusi industri 4.0.

Selain perubahan lingkungan bisnis, lanjutnya, faktor kepemimpinan juga sangat penting bagi tumbuhnya semangat kewirausahaan.

Kemampuan memimpin diri yang kuat akan menentukan keberhasilan sebuah usaha dan harus terwujud dari ide-ide sederhana.

Sementara itu, Rektor Unipa Maumere, Angelinus Vincentius mengatakan, kuliah umum bertema kewirausahaan sangat penting untuk memompa semangat mahasiswa dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis.

Melalui kuliah umum tersebut, mahasiswa diharapkan bisa memahami model pengembangan diri yang tepat dan memberi bekal pengetahuan untuk menjadi wirausaha.

”Kami mengucapkan terima kasih kepada Perum Jamkrindo yang memiliki kepedulian terhadap pengembangan UMKM dan kewirausahaan, termasuk melalui kuliah umum di kampus. Pengembangan UMKM merupakan tanggung jawab bersama sehingga kolaborasi Unipa dan Perum Jamkrindo merupakan strategi yang tepat untuk merespons perubahan lingkungan bisnis,” kata Angelinus.

TERKINI
BACA JUGA