Baru Dibuka, SMP Negeri Alok Siap Terima Siswa Baru Tahun Ajaran 2019/2020

Maumere, Ekorantt.com – Keinginan masyarakat Kota maumere, Kabupaten Sikka, untuk memiliki lembaga pendidikan baru terjawab sudah.

Kini sudah hadir SMP Negeri Alok yang berlokasi sementara di SPNF SKB Sikka, Jalan Mawar, Perumnas Maumere, Kelurahan Madawat, Kecamatan Alok.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Sikka Nomor :145/HK/2019, SMP Negeri Alok akan beroperasi mulai tahun pelajaran 2019/2020, dan akan berlokasi di sebelah timur SMKN 1 Maumere, di Jalan Wairklau, Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka.

Tentu sebagai sebuah sekolah baru di Kecamatan Alok, lembaga pendidikan ini pun telah membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2019/2020, mulai Senin, (17/6/2019) sampai Senin, (8/7/2019).

Pembukaan pendaftaran penerimaan peserta didik baru itu bertempat di SMP Negeri Alok (Gedung SKB), Jalan Mawar, Kelurahan Madawat, mulai pukul 08.00-12.00 Wita. Dan pertama-tama dibuka langsung oleh Plt Kadis PKO Sikka, Yosef Benyamin.

iklan

Dalam acara pembukaan penerimaan peserta didik baru itu, Yosef Benyamin didampingi oleh Plt Kasek SMP Negeri Alok, Kabid Sekolah Menengah dan hadir pula orangtua murid pendaftaran perdana.

Yosef Benyamin, dalam sambutannya, mengatakan bahwa pembukaan lembaga pendidikan SMP Negeri Alok merupakan bagian dari penyuksesan program wajib belajar dan lebih daripada itu, membentuk peserta didik yang berkualitas serta berwawasan global

“Untuk sementara, kita menggunakan dulu fasilitas yang ada, karena sekolah kita ini baru mulai beroperasi. Seperti pepatah mengatakan, Bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian,” ungkap dia.

Dia juga tambahkan bahwa dalam menerima siswa baru, pihaknya tetap berpatokan pada Peraturan Menteri (Permen) Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (RI) Nomor 51 Tahun 2018 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan sistem zonasi.

Dengan demikian, prioritasnya tentu saja ditujukan bagi calon siswa/i yang berdomisili di wilayah Kecamatan Alok.

Meskipun begitu, ada alokasi sebesar lima persen untuk siswa/i berprestasi yang berasal dari luar Kecamatan Alok, terutama siswa/i dari Kecamatan Alok Timur dan Kecamatan Alok Barat yang ada di lingkup kota Maumere. Ada juga alokasi lima persen untuk siswa/i pindahan.

Sementara itu, Plt Kasek SMP Negeri Alok, Dismas, mengatakan, jumlah sekolah negeri jenjang SMP di Kecamatan Alok atau di dalam Kota Maumere itu hanya satu, yakni SMP Negeri 1 Tampil, sehingga kehadiran SMP Negeri Alok merupakan bagian dari upaya Pemerintah Daerah (Pemda) Sikka untuk memberikan pelayanan akses pendidikan.

“Harapan besar dari masyarakat Kota Maumere terwujud sudah. SMPN Alok mulai dibuka tahun ajaran 2019/2020 dengan daya tampung siswa 192 orang dan 6 rombongan belajar (rombel). Satu rombel berjumlah 32 orang,” tambah Dismas.

Untuk diketahui, pengumuman hasil seleksi pendaftaran akan dilaksanakan pada Rabu (10/7/2019). Dan, untuk pendaftaran ulang bagi siswa yang diterima dilaksanakan pada Kamis, (11/7/2019).

Sementara kegiatan belajar dan mengajar akan dimulai pada Senin (15/7/2019).

Dismas menambahkan, tenaga pendidik dan kependidikan itu sesuai dengan penempatan dari pihak Dinas PKO Sikka.

“Tenaga guru yang sudah ada, 8 orang, termasuk saya. Kami sudah diberikan tugas masing-masing mulai Selasa (18/6), sambil menunggu SK definitif.”

Dia juga mengatakan, untuk ke depannya, pihaknya bakalan menjadikan SMP Negeri Alok sebagai sekolah unggul.

“Yang kami mau, bukan kuantitasnya, tetapi mutunya yang akan kami pertahankan, sehingga dari awal kita komitmen.”

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA