Duta Muda Indonesia asal NTT Ikut Seleksi “Indonesia-USA 70th Youth Ambassadors”

Maumere, Ekorantt.com – Maria Helena Yesenia Jimmy (20), mahasiswi semester VI Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Bali jurusan Administrasi Negara yang juga alumni SMAK Frateran Maumere, lolos sebagai duta muda Indonesia perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Undiknas Denpasar dalam Indonesia-USA 70th Youth Ambassadors.

Dalam keterangan yang dikirim via WhatsApp ke Ekora NTT, Kamis 4 Juli 2019, Yesenia, demikian ia akrab disapa, sudah masuk dalam posisi 20 besar.

Pada seleksi tahap pertama, lanjutnya, terdapat 548 peserta yang melamar. Pada tahap ini semua peserta diwajibkan untuk menulis esai dalam bahasa Inggris.

Yesenia, yang pernah mewakili Indonesia dalam kegiatan pertukaran pelajar South East Asia Youth Leadership Program (SEAYLP) pada tahun 2014 di Illinios dan Washington DC Amerika Serikat yang diadakan oleh USA Embassy Jakarta dan United States Department of State Bureau of Educational and Cultural Affairs, pun menulis esai dengan judul “Strengthening Democratic Values, Pancasila, and Civil Society as the Key to Harmony and Sustainability of Indonesia-America Bilateral Relations”.

Alhasil, bungsu buah kasih pasangan Baba Ice dan Theresia Indri Yuliastuti yang berdomisili di Jalan Nong Meak, Kampung Kabor, Maumere ini, berhasil lolos dalam seleksi tahap pertama dan memasuki tahap kedua yang hanya tersisa 60 peserta.

iklan

Selanjutnya, pada tahap ketiga, tersisa 20 orang saja yang lolos.

“Saya baru saja selesai menjalani seleksi tahap ketiga yang diadakan di Jakarta, tepatnya di Kementerian Luar Negeri RI pada tanggal 17-20 Juni 2019 baru lalu,” ujarnya.

Peraih juara II pada ajang Pemilihan Putri Bunga Tingkat Nasional di Banten tahun 2015 silam ini mengakui bahwa ia mendapatkan banyak pengalaman selama mengikuti kegiatan seleksi tahap ketiga di Jakarta.

Ia juga mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan baru karena selama seleksi peserta diberikan materi yang berhubungan dengan diplomasi, seperti materi tentang diplomasi publik, materi tentang hubungan bilateral Indonesia-Amerika Serikat yang menyangkut sektor kerja sama proritas kemitraan strategis serta tantangan hubungan bilateral.

Mahasiswi kelahiran Lela 28 November 1998 yang pernah lolos seleksi Parlemen Remaja dan menjadi Duta NTT mengikuti simulasi rapat di gedung DPR RI Jakarta tahun 2013 ini mengatakan, ada beberapa seleksi yang diikuti selama di Jakarta, yakni tes psikologi, diskusi kelompok dan presentasi kelompok.

Gadis yang ternyata pernah masuk juga dalam nominasi 6 besar Putri Citra Indonesia Tingkat Nasional di Banten tahun 2015 ini, menjelaskan pada akhir Juli 2019 nanti akan diumumkan 10 peserta yang lolos.

Para peserta akan melakukan perjalanan selama tiga minggu ke beberapa kota di Amerika Serikat pada bulan Oktober-November 2019.

Yang mana mereka akan bertemu dengan pejabat pemerintah, pofesional, tokoh agama, kalangan akademik dan kelompok suku untuk merasakan langsung budaya Amerika serta kehidupan sosialnya.

“Saya minta dukungan doa dari masyarakat NTT, lebih khusus masyarakat Kabupaten Sikka. Mudah-mudahan saya bisa terpilih menjadi 10 besar peserta yang akan berangkat ke Amerika pada bulan Oktober mendatang,” pinta Yesenia.

Yuven Fernandez

TERKINI
BACA JUGA