181 Pelajar Angkatan Perdana SMP Negeri Alok Ikut MPLS

Maumere, Ekorantt.com – Hari Senin (15/7/2019) merupakan hari pertama masuk sekolah bagi para siswa/i, terutama di Kota Maumere, Kabupaten Sikka.

Biasanya, siswa/i kelas VII pun terlebih dahulu diwajibkan mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama tiga hari.

Di SMPN Alok, sebuah sekolah negeri yang baru didirikan, berdasarkan pantauan Ekora NTT, kegiatan MPLS diadakan di Aula SKB Sikka, usai upacara apel bendera.

Dalam sambutannya, Kasek SMPN Alok, Dismas, mengatakan bahwa lembaga pendidikan tersebut merupakan sekolah baru yang didirikan oleh Pemerintah Kabupaten Sikka di Kecamatan Alok melalui Dinas PKO.

Tujuannya, peserta didik yang ada dalam zonasi Kecamatan Alok bisa mengikuti pendidikan.

iklan

“Oleh karena itu, peserta didik tidak usah ragu dengan sekolah ini. Meskipun di luar ada yang mengatakan, ini sekolah SKB,” kata Dismas.

“Kita hanya menggunakan lokasi, untuk kita sekolah. Tapi, kita bukan anak SKB,” tandasnya lebih lanjut.

Untuk itu, dirinya mengajak para peserta didik mengikuti MPLS selama tiga hari dengan baik.

Adapun materi yang disajikan selama tiga hari itu adalah kesadaran berbangsa dan bernegara, cara berpikir efektif, pendidikan karakter, wawasan wiyata mandala, kurikulum 2013, pembinaan mental agama, dan lain sebagainya.

Kasek Dismas juga meminta kepada siswa baru agar membiasakan diri setiap hari dengan budaya 5 S, yaitu, senyum, sapa, salam, sopan, dan santun.

“Kalian adalah siswa perdana di sekolah ini, jadi harus berikan yang terbaik untuk lembaga ini,” harapnya.

Sementara itu, Plt Wakasek SMPN Alok, Plasidius Abdon, menyebutkan, jumlah para peserta didik baru (PPDB) tahun pelajaran (Tapel) 2019/2020 sebanyak 181 orang. Dengan rincian, peserta didik putra 90 orang, dan putri 91 orang.

“Tujuan MPLS ini untuk menciptakan rasa persaudaraan dan saling mengenal antara guru dan siswa, dan lingkungan sekolah,” pungkas Abdon.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA