SMK Karsa Mandiri mulai beroperasi pada tahun ajaran 2019/2020

Ende, Ekorantt.com – SMK Karsa Mandiri hadir di Kota Ende, Kabupaten Ende untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia yang siap pakai dan bisa terjun langsung dalam pengembangan pertanian di wilayah Kabupaten Ende dan sekitarnya. Inilah visi sekaligus panggilan moral yang memendar dalam nubari perintisnya.

Salah satu perintis dan pendiri SMK Karsa Mandiri Ende, Moses Nggesu menjelaskan, lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Yayasan Putra Persada Bakti atau Sandradakti ini nantinya akan membekali peserta didiknya dengan ilmu pengetahuan yang sinkron dengan kebutuhan dunia pertanian dan perikanan sekarang ini.

Tak lupa peserta didik akan dilatih untuk menguasai teknologi tepat guna baik untuk pengolahan hasil pertanian dan perikanan sehingga berdampak pada kesiapan tenaga kerja yang mandiri.

Pihak yayasan telah mengurus ijin operasional sekolah dan saat ini, SMK Karsa Mandiri telah mendapatkan ijin operasional dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Nusa Tenggara Timur dengan Nomor 848/PK/2019 tertanggal 28 juni 2019. Yayasan Sandradakti telah menyiapkan gedung sendiri dan siap melaksanakan kegiatan belajar mengajar untuk tahun pertama, tahun ajaran 2019/2020. 

Nggesu menjelaskan, SMK Karsa Mandiri hadir dengan dengan dua jurusan keahlian yaitu agribisnis pengolahan hasil pertanian dan agribisnis pengolahan hasil perikanan. Tidak menutup kemungkinan, ada juga pengembangan beberapa jurusan lain kedepannya.

Menurutnya, proses pendidikan di SMK Karsa Mandiri juga dilengkapi fasilitas pendukung seperti laboratorium komputer dan bahasa, tempat pratikum. Pihak yayasan juga menyediakan asrama putra dan putri.

“Kami siapkan itu agar siswa benar-benar diberikan dukungan pembelajaran. Dengan fasilitas yang ada, kita patok biaya SPP yang dapat terjangkau,” tandas Nggeso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here