Yogyakarta Art International Festival Hadirkan Seniman dari 19 Negara

Yogyakarta, Ekorantt.com – Penyelenggaraan iven Yogyakarta International Art Festival 2019 menghadirkan para seniman dari 19 negara di berbagai belahan penjuru dunia. Mereka datang untuk tak hanya sekadar membikin karya seni, seperti seni lukis dan seni rupa, tetapi juga berbagi pengalaman soal proses kreatif dan melakukan city tour, terutama di kawasan Kota “Gudeg” Yogyakarta. Aktivitas menarik ini berlangsung sejak tanggal 9 hingga 17 September 2019.

Salah satu tempat yang mereka singgahi ialah Kampung Budaya Yogyakarta di kompleks Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada. Tepatnya berlangsung pada hari Kamis (12/9/2019) lalu, dari pukul 09.00 hinga 16.00 WIB. Dalam pantauan EKORA NTT, para seniman itu duduk santai membaur bersama para mahasiswa/i di pelataran Soegondo, Kampung Budaya Yogyakarta, kemudian mulai mengerjakan karya mereka. Ada yang melukis, ada yang membuat patung dari kayu.

Para civitas akademika, terkhusus di area FIB UGM, pun terpukau atas kreativitas mereka. Beberapa orang malah duduk berserius menyaksikan kerja-kerja para seniman itu. Tak pelak mereka pun tak mau melewatkan kesempatan untuk bertanya banyak hal kepada pengkarya-pengkarya termaktub. Salah satunya diakui Sivha, mahasiswi arkeologi, yang merasa tertarik pada sebuah lukisan yang bercorak zaman megalitikum. Menurut dia, lukisan itu dapat dibaca sebagai simbol kehidupan zaman dulu yang diberi corak estetik sedemikian rupa sesuai dengan era kesenian kontemporer sekarang.

“Kita tidak hanya melihat kembali ke masa lalu. Tapi menemukan masa lalu dalam tangkapan visul yang berbeda, katakanlah, yang lebih modern,” kata dia.

Sementara itu, Jean, salah seorang pelukis, mengakui bahwa kegiatan itu juga menjadi bagian dari pertukaran budaya yang mereka lakukan. Yang mana para seniman dari luar negeri datang mempelajari kebudayaan Indonesia, terkhusus Yogyakarta, yang seyogianya bisa menjadi modal-modal kultural mereka dalam membikin karya lanjutan.

iklan

“Kami sangat senang berada di sini. Kami datang untuk belajar di sini,” paparnya.

TERKINI
BACA JUGA