Gereja Katedral Reinha Rosari Keuskupan Larantuka. Sumber gambar: katolikpedia.org.

Larantuka, Ekorantt.com – Keuskupan Larantuka (mencakup wilayah pelayanan pastoral Kabupaten Flores Timur dan Kabupaten Lembata) menggelar Sidang Sinode VII Tahun 2019. Sidang Sinode berlangsung mulai 10 sampai 13 Oktober 2019 di Paroki San Juan Lebao, Kecamatan Larantuka, Kabupaten Flotim dengan titik pusat kegiatan di Gedung Multievent Hall Orang Muda Katolik (OMK) Keuskupan Larantuka.

Peserta Sidang Sinode diperkirakan berjumlah sedikitnya 400 orang. Peserta tiba di Larantuka, tepatnya di Paroki San Juan Lebao pada Kamis (10/10/2019) pagi. Selama Sidang Sonode, peserta tinggal di rumah umat di lingkungan dan KBG di Paroki San Juan Lebao.

Peserta diundang oleh Uksup Larantuka Mgr Fransiskus Kopong Kung, Pr. Mereka adalah umat yang berasal dari 49 paroki di tiga Dekenat, yakni Dekenat Larantuka, Dekenat Adonara dan Dekenat Lembata. Masing-masing paroki tiga orang terdiri dari dua orang tua dan satu orang muda Katolik.

Peserta lain yang diundang Uskup Larantuka mengikuti Sidang Sinode, yakni para imam, biarawan, biarawati, yang berkarya di Keuskupan Larantuka. Uskup Larantuka juga mengundang keterlibatan dalam kaitan hubungan kemitraan gereja Keuskupan Larantuka dengan Pemerintah Daerah dalam hal ini Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait Kabupaten Flotim dan Kabupaten Lembata. Pada pembukaan dan penutupan Sinode, Uskup Larantuka juga mengundang Bupati Flotim dan Bupati Lembata.

Sementara Polres Flotim, Polres Lembata dan Kodim 1624 Flotim pada pembukaan dan penutupan. Juga mengundang perwakilan dan pengamat dari Keuskupan Maumere dan Keuskupan Agung Ende.

Ketua Panitia Sidang Sinode VII Tahun 2019 Keuskupan Larantuka, RD Bernard Bala Kerans, Pr, mengatakan Sidang Sinode VII Tahun 2019 Keuskupan Larantuka merupakan puncak dari lokakarya dan evaluasi tahun Program Jangka Pendek Tahap (PJPT) II yang sudah diadakan di masing-masing Dekenat.

“Sidang Sinode VII Keuskupan Larantuka digelar mulai tanggal 10-13 Oktober 2019 di Paroki San Juan Lebao Tengah dengan titik pusat kegiatan di gedung Multievent Hall OMK Keuskupan Larantuka,” katanya.

Sesuai jadwal Sidang Sinode VII Keuskupan Larantuka dibuka Uskup Keuskupan Larantuka Mgr Fransiskus Kopong Kung, Pr pada Kamis (10/10/2019) sore pukul 16.00 di Gedung Multievent Hall OMK Keuskupan Larantuka. Pembukaan diawali dengan Perayaan Ekaristi Kudus dipimpin Uskup Larantuka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here