Komunitas Ca Nai Selenggarakan ‘Festival Songke dan Ranaka’

Ruteng, Ekorantt.com – Komunitas Ca Nai bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai akan menyelenggarakan Festival Songke dan Ranaka selama dua hari, 22 -23 November 2019.

Dalam rilis yang diterima Ekora NTT, Ketua Komunitas Ca Nai, Yoseph Edward Nairum Nahas mengatakan, festival ini bertujuan untuk mengembalikan rasa cinta generasi muda terhadap budayanya. Disadari, budaya adalah pembentuk jati diri.

Di samping itu, festival Songke dan Ranaka berusaha mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal yang diwariskan secara turun temurun.

“Momen ini juga bisa memperkaya keberagaman budaya. Sehingga, tidak hanya dilestarikan, tapi dikembangkan menjadi ekonomi kreatif berbasis budaya dan bernilai ekonomis,” ujarnya.

Dikatakan pula, kegiatan ini mendukung promosi wisata Kabupaten Manggarai untuk mewujudkan tujuan pembangunan pariwisata dan kebudayaan nasional. Secara khusus melalui kegiatan seperti ini destinasi wisata Manggarai akan diperkuat.

iklan

Kegiatan festival tersebut akan melibatkan berbagai komunitas, seperti; pengrajin sanggar seni budaya, petani kopi, pelaku kuliner, pegiat seni dan pegiat komunitas lainnya sesuai dengan bidang yang digeluti.

“Masyarakat Kabupaten Manggarai secara keseluruhan juga terlibat” tutur Nahas.

Panitia telah merancang kegiatan bakti sosial pada hari pertama yang berlokasi di jalur menuju puncak Gunung Ranaka. Pada hari kedua, diadakan lomba hiking menuju puncak Gunung Ranaka dan dilanjutkan lomba foto Ranaka, lomba cipta lagu Ranaka, dan pentas seni budaya yang berlangsung di Mbaru Wunut Ruteng.

Adeputra Moses

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA