Iklan film dokumenter "Atas Nama Percaya". GEMARIO/EKORANTT

Maumere, Ekorantt.com – Komunitas KAHE Maumere menyelenggarakan acara nonton bareng film dokumenter berjudul “Atas Nama Percaya” di Kantor Redaksi Surat Kabar EKORA NTT di Jalan Anggrek, No.12, Maumere, Selasa, 14 Januari 2020.

Acara nonton bareng film dokumenter ini akan menghadirkan teman bincang Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta Elvan de Porres dan Moderator Ge Mario.

Koordinator KAHE Cinema Ge Mario dalam keterangannya menjelaskan, “Atas Nama Percaya” menceritakan perjalanan panjang kelompok penghayat kepercayaan atau penganut agama leluhur untuk bertahan dan mendapatkan pengakuan dari Negara dan penerimaan dari masyarakat. Dewasa ini, sekurang-kurangnya terdapat ratusan kelompok penghayat/penganut agama leluhur di Indonesia.

Film ini fokus pada dua komunitas, yaitu aliran kebatinan “Perjalanan” di Jawa Barat dan agama leluhur “Marapu” di Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Dua komunitas ini dimaksudkan sebagai pintu masuk untuk menceritakan sejarah pengalaman penghayat kepercayaan dalam memperjuangkan kesetaraan di hadapan Negara dan masyarakat.

Menurut Mario, “Atas Nama Percaya” adalah film dokumenter pertama dari seri Indonesian Pluralities. Berdurasi 36 menit, film ini menceritakan pengalaman dan sejarah diskriminasi terhadap penghayat kepercayaan atau agama leluhur dengan fokus pada komunitas “Perjalanan” di Jawa Barat dan “Marapu” di Nusa Tenggara Timur.

Mario menjelaskan, KAHE Cinema adalah forum literasi sinema yang diinisiasi oleh Komunitas KAHE. Acara ini mempresentasikan baik karya-karya film yang mengangkat isu-isu sosial maupun yang berkaitan dengan sejarah perkembangan perfilman dan film-film yang relevan untuk diskusikan dan dipelajari.

“Kami mengundang para pecinta film di Kota Maumere untuk hadir dalam  pemutaran dan diskusi film dokumenter ini,” ajak Pegiat Seni di Komunitas KAHE ini.

Para pembaca yang tertarik bisa ikut nonton bareng yang akan dimulai tepat pada pukul 20.00 WITA.

Untuk informasi selengkapnya tentang film dokumenter ini, Saudara pembaca bisa menyimaknya di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here