Pemilihan Ketua OSIS SPATER Maumere, Empat Pasangan Calon Perang Gagasan

Maumere, Ekorantt.com – Suksesi kepemimpinan dalam tubuh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP Katolik Frater (SPATER) Maumere sedang berlangsung. Empat pasangan maju sebagai calon ketua OSIS SMP Katolik Frater Maumere periode 2020-2021.

Keempat pasangan kandidat tersebut yakni Paket ALENDRO (Alexandra P.G Tukan-Gulielmus Andrewiyata Ola Lelang Deler), Paket YOHANA (Elisabeth Yonah P. Doing – Sofronius Arkadius), Paket JJ (Gofrey Ferdinand – Jeane Maria Chaenterina), dan Paket RASYA (Maria A. M. Malinta – Archanggela G. M. Botha).

Dalam diskusi panel di Aula Mardi Wiyata 15 Februari 2020 lalu, setiap pasangan menawarkan program kerja.

Alot dan seru. Demikian kesan yang muncul dalam diskusi panel yang dipandu Karolus Dolu Toulwala, guru muda SMPK Frater Maumere.

Pak Karlos, begitu sapaannya, menata alur diskusi dengan apik. Ia mampu memainkan emosi peserta diskusi yang terdiri dari 1.120 siswa, orang tua/wali, dan staf pendidik SMPK Frater Maumere.

iklan

Paket RASYA menawarkan tiga program kerja. Pertama, Penguatan Pendidikan Karaketer (PPK) di sekolah dan masyarakat. Kedua, pembentukan kelompok atau klub belajar. Ketiga, menegakkan disiplin bagi guru dan siswa yang datang terlambat.

Khusus program kerja ketiga, Paket RASYA menegaskan, akan memberikan sanksi tegas kepada para guru dan pegawai yang datang terlambat.

Mereka mendata nama guru yang terlambat. Jika lebih dari tiga kali, nama guru tersebut diserahkan ke kepala sekolah dan menyuruhnya pulang karena tidak menunjukkan etika dan teladan yang baik.

“Selama ini siswa terlambat selalu diberi sanksi tapi guru belum ada sanksi tegas.Kami ingin displin harus semua dan guru itu jadi contoh,” tegas Paket RASYA disambut tepuk tangan meriah peserta diskusi.

Paket JJ menyodorkan empat program kerja. Pertama, lomba design  poster digital antar-kelas. Kedua, mengadakan lomba bertema mobile game atau e-sport . Ketiga, membaca dan meringkas satu buku setiap semester. Keempat, wisata edukasi.

Paket YOHANA berkukuh dengan dua program kerjanya yakni mengadakan kerja bakti sebulan sekali dan mengadakan kegiatan literasi baca dan tulis.

Sedangkan Paket ALENDRO memiliki program kerja sebagai berikut; Pertama,  sosialisasi kesehatan dari instansi terkait (Dinkes, PPNI, IDI dan atau IBI). Kedua, mengadakan pentas seni dalam memperingati HUT sekolah. Ketiga, mengolah sampah organik dan sampah non organik di lingkungan sekolah. Keempat, jadikan sekolah aman bencana melalui Pendidikan Pencegahan dan Pengurangan Risiko Bencana (BPBD, Forum PRB, Badan SAR Daerah).

Ketua Panitia Pemilihan Ketua OSIS, Wilfridus Kapol ditemui media mengatakan, proses pemilihan ketua dan wakil ketua kali ini diselenggarakan lebih sederhana, terbuka.

Selain itu, siswa diberi ruang untuk lebih kritis dalam menyampaikan program kerja tanpa rasa takut. Dengan itu, nantinya pengurus OSIS berani berdiskusi dan ikut mengambil keputusan bersama di sekolah.

Menurutnya, selama ini siswa kurang kritis dan kurang berani mengambil keputusan yang berpihak pada kegiatan-kegiatan kesiswaan.

Wilfridus menambahkan, pemilihan ketua OSIS akan berlangsung pada 22 Februari 2020 mendatang. Harapannya, semua siswa ikut memilih.

Menutup kegiatan diskusi panel, Kepala Sekolah SMPK Frater Maumere,  Fr. Herman Yoseph, BHK menyampaikan proficiat kepada empat pasangan calon ketua OSIS yang telah menyampaikan program kerjanya.

“Kalian generasi milenial yang hebat. Berani dan kritis menyampaikan program serta beradu argumen dengan panelis di hadapan seribu teman-teman anda serta undangan dan bapa ibu guru yang hadir dalam forum ilmiah ini,”kata Frater Herman.

Frater Herman juga menyentil program kerja RASYA soal sanksi bagi guru atau pegawai yang tidak disiplin.

Baginya, program kerja ini merupakan refleksi kritis bagi para guru/pegawai dan juga siswa.

Dalam memajukan lembaga SMPK Frater Maumere, tegas Frater Herman, semua pihak harus displin.

Ia pun berpesan, “Siapa pun yang dipilih adalah pilihan bersama.Tanggung jawab kita bersama untuk membimbing dan mendorong mereka untuk bekerja sama demi kemajuan kemajuan lembaga ini”.

Adrianus Bareng

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA