Tepuk Tangan Dukungan Iringi Evakuasi 8 Pasien Covid-19 di Sikka

Maumere, Ekorantt.com – Tim Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Sikka mengevakuasi 8 pasien positif Covid-19 dari tempat karantina Kantor Dinas Pariwisata Sikka menuju RSUD Tc Hillers Maumere, Kamis (14/5/2020) malam.

Sebelum proses evakuasi, Ketua BPBD Kabupaten Sikka, Daeng Bakir mengimbau peserta karantina untuk tetap tenang. Apa yang dilakukan malam ini, kata Bakir, adalah untuk sebuah penanganan yang lebih intensif.

Bakir meyakinkan peserta karantina bahwa pindah ke ruang isolasi bukan untuk apa-apa, melainkan untuk kebaikan bersama dan tentu saja masyarakat Kabupaten Sikka mencintai kedelapan saudaranya yang terjangkit Covid-19.

Petugas membaca satu per satu nama kedelapan pasien tersebut. Ada yang tegar saat namanya dibacakan, kemudian berjalan ke kamar untuk mengambil tas pakaian, lalu berjalan pasrah menuju mobil Covid-19.

Adapula yang tak tahan menangis saat namanya dibacakan oleh petugas. Bahkan nyaris pingsang. Tapi berhasil dibujuk petugas untuk segera masuk mobil dan dievakuasi ke ruangan isolasi RSUD Tc Hillers.

iklan

Menariknya, saat nama-nama pasien dibacakan, peserta karantina yang lain dan petugas memberi tepuk tangan dukungan. Mereka menyumbang pil semangat agar saudara mereka tetap kuat dan tegar.

“Semangat. Harus kuat,” teriakan yang terdengar bersamaan dengan tepuk tangan.

Maklum, hanya tepuk tangan yang bisa mereka lakukan. Tidak ada cara lain selain itu. Protap kesehatan membatasi niat baik.

Evakuasi pasien pun dilakukan dua tahap. Tahap pertama memindahkan empat pasien dengan mobil Covid-19. Menyusul empat pasien lainnya dengan mobil yang sama.

Di halaman RSUD Tc Hillers, mereka juga mendapatkan dukungan dari tim medis. Tim medis bertepuk tangan dan berteriak, menyemangati mereka agar tidak putus asa dan tetap kuat.

Harapannya, kedelapan pasien yang merupakan eks penumpang KM Lambelu ini lekas sembuh.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA