Luncurkan Minyak Kelapa Pintu Air, Wagub Nae Soi: Luar Biasa

Maumere, Ekorantt.com – Wakil Gubernur NTT, Yosef Nae Soi meluncurkan Minyak Kelapa Pintu Air, sebuah jenama minyak kelapa yang diproduksi oleh PCP Rotat, di Desa Ladogahar, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka pada Rabu (28/10/2020). Sungguh merupakan hal yang luar biasa baginya.

Apa yang dilakukan KSP Kopdit Pintu Air, ujar Nae Soi, sejalan dengan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Viktor B. Laiskodat dan Yosef Nae Soi.

“Pada saat pertemuan di Labuan Bajo dengan pimpinan koperasi dan para bupati, kita mengatakan bahwa koperasi tidak hanya simpan pinjam tetapi koperasi harus membuat sesuatu yang nyata,” kata Nae Soi.

Nae Soi mengatakan, Pintu Air membangkitkan kembali nilai kelapa yang sudah terabaikan.

“Dulu siapa yang tidak tahu Maumere. Dulu kalau orang naik motor, orang bilang pasti punya kopra. Tapi kalau tidak punya motor itu tidak punya kopra,” kenangnya.

iklan

“Tidak berlebihan, saya mengatakan bahwa Pintu Air satu-satunya yang melakukan terobosan untuk melihat bagaimana kebutuhan masyarakat dunia sekarang,” imbuhnya.

Saat diwawancara, Nae Soi mengucapkan terima kasih kepada pengelola Pintu Air yang mampu mengangkat potensi Flores.

“Saya setuju itu, kalau Minyak Kelapa Pintu Air dari Flores untuk Dunia,” tandasnya.

Dukungan pemerintah, lanjutnya, melalui penyiapan akses dan infrastruktur penunjang, berupa regulasi, termasuk mendorong para petani kelapa untuk replanting tanaman kelapa.

Senada dengan itu, Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo mengajak masyarakat untuk mengonsumsi Minyak Kelapa Pintu Air. Karena, baginya, ini adalah kebanggaan bersama.

“Kita sendiri sebenarnya adalah investornya, kalau kita mau berkoperasi. Karena dengan koperasi, kita bisa membangun daerah ini,” ucapnya.

Pemerintah, kata Bupati Robi, akan mendorong masyarakat untuk terus menanam kelapa dan mampu menciptakan produk lokal, di samping minyak kelapa.

“Ini sebuah potensi besar. Kita juga terus mendorong agar para petani terus menanam kelapa. Target kita di Sikka harus capai 19.000 hektare,” jelasnya.

Baginya, mengonsumsi minyak kelapa sangat baik untuk kesehatan. Dan kelapa bisa membuat masyarakat sejahtera.

TERKINI
BACA JUGA