Menkominfo Bangun Jaringan Komunikasi Darurat Akibat Bencana di NTT

Flotim, Ekorantt.com – Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) RI, Johnny Gerard Plate memastikan pembangunan infrastrukur komunikasi tetap berjalan normal di wilayah terdampak bencana di NTT.

Hal ini Menteri Johnny sampaikan saat kunjungan kerja ke Kabupaten Flores Timur dan Lembata pada Senin (12/04/2021) pagi.

Selain meninjau dan berkomunikasi dengan masyarakat yang terdampak bencana banjir bandang, Menteri Johnny juga berencana melakukan konsolidasi dengan kepala daerah setempat terkait rencana pembangunan infrastruktur telekomunikasi pada tahun 2021-2022 nanti.

“Tujuan kehadiran saya ke sini untuk melihat aksistensi dan dukungan apa untuk membangun kembali komunikasi pada saat darurat,”ujar Johnny.

Johnny menyebutkan ada 444 jaringan Base Transceiver Station (BTS) masih down. Kemudian, operator seluler ada 156 BTS-nya Bakti Kominfo, 6 yang masih terdampak.

iklan

Ia menyatakan, pihaknya terus berupaya memulihkan jaringan komunikasi di sejumlah wilayah terdampak bencana akibat badai Siklon Seroja di NTT.

“Dari data yang saya peroleh 2794  BTS di NTT, juga operator seluler  2638 itu, yang terdampak, masih down BTS 444,” jelasnya

Penyebab lain ialah power suplai listrik yang sedianya terbatas, karena dampak bencana. Ada sejumlah tower yang roboh.

“Ada 170 akses internet ke satelit yang juga down dari 1337 akses internet. Ini yang harus kita atasi segera,”paparnya.

Untuk sementara, Kominfo sendiri mengambil beberapa langkah yaitu menyediakan 40 telepon satelit, membangun dan membuka komunikasi darurat serta secara bertahap membangun kembali pemanfaatan atau aktifnya BTS-BTS yang down.

Salah satunya menggunakan stand by power suplai. Itu juga perlu dukungan bahan bakar yang mencukupi.

“Saya ingin memastikan bahwa pembangunan BTS dalam rangka transformasi digital itu tetap dilakukan. Ada 421 BTS di 16 Kabupaten di NTT yang akan dibangun tahun 2021,”tutur Menteri Jhonny.

Ia berkomitmen untuk terus melanjutkan pembangunan telekomunikasi dan Informatika di NTT.

Bencana yang terjadi diharapkan tidak menghambat komitmen dan semangat untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan informatika di Nusa Tenggara Timur dan wilayah-wilayah 3T lainnya.

“Kita harapkan dengan pembangunan ini, akan memberikan dukungan yang kuat bagi masyarakat NTT dalam rangka mengambil bagian transformasi digital nasional kita,”tutupnya.

Diketahui, setelah bertemu Bupati Flores Timur di VIP Room Bandara, Menteri Kominfo bersama rombongan dan Bupati Flotim melanjutkan penerbangan dari Larantuka ke Adonara dengan Helikopter.

Menteri Johnny dan rombongan akan meninjau masyarakat terdampak bencana. Selanjutnya, meninjau lokasi dan korban bencana ke Kabupaten Lembata.

Yurgo Purab

TERKINI
BACA JUGA