Kominfo RI Bantu Pemkab Ngada Susun Master Plan Smart City

Bajawa, Ekorantt.com – Kabupaten Ngada menjadi salah satu daerah kawasan prioritas Labuan bajo- Flores, yang mendapat perhatian dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui Direktorat Jendral Aplikasi Informatika dalam menyusun master plan kota cerdas (smart city).

Ketua Tim Pelaksana Gerakan Menuju Smart City, Dwi Elfrida Martina, mengatakan Kementerian Komunikasi dan Informatika mempunyai program gerakan menuju smart city pada kawasan pariwisata prioritas nasional dan kawasan ibu kota negara yang baru.

Menurut Dwi, pada kegiatan tersebut pihak akan membantu Pemerintah Kabupaten Ngada dalam menyusun master plan smart city yang akan dibantu oleh dua pemateri yang berasal dari Institu Tehnologi Bandung (ITB).

“Kita berharap dengan terbentuknya dokumen master plan ini dapat meningkatkan inovasi setiap program di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di Kabupaten Ngada,”ujarnya pada Rabu (23/06/2021).

Dwi menerangkan kota cerdas bukan hanya terletak pada internet, tehnologi, komunikasi namun seluruh aspek yang ada di dalam kota atau kabupaten.

iklan

Disampaikannya, terget dari kegiatan tersebut agar kedepan organisasi perangkat daerah (OPD) bisa lebih inovatif sehingga memudah masyarakat, meningkat ekonomi masyarakat dan meningkatkan kualitas layanan Pemerintah Kabupan Ngada.

“Terget lain adalah agar jumlah kunjungan ke Kabupaten Ngada bisa meningkat sehingga kedepan yang terkenal bukan saja Labuan Bajo, namun wilayah sekitarnya termaksud Kabupaten Ngada”, ungkapnya.

Sekda Ngada, Theodosius Yosefus Nono, dalam sambutannya saat membuka kegiatan mengatakan kegiatan ini merupakan kerja sama Kementerian Komunikasi Dan Informatika dengan Pemkab Ngada dalam mengimplementasi di kawasan pariwisata Kabupaten Ngada.

“Program ini bukan hanya program dinas kominfo saja, tetapi program yang ada di seluruh perangkat daerah di Kabupaten Ngada untuk bekerjasama dengan masyarakat,”katanya.

Ia berharap setiap perangkat daerah mampu memberikan kontribusi, baik ide ataupun gagasan terkait penyusunan perencanaan smart city di Kota Bajawa agar kehidupan  masyarakat dan pemerintah di Kabupaten Ngada lebih baik.

“Setiap tahap harus melibatkan masyarakat sehingga masyarakat juga siap untuk melaksanakan ini.  Kegiatan smart city semoga cepat berjalan agar biasa menjadi kemajuan di daerah Kabupaten Ngada,” ungkapnya.

Belmin Radho

TERKINI
BACA JUGA