Koramil Talibura Mobilisasi Warga Pedalaman Terima Vaksin Covid-19

Maumere, Ekorantt.com – Koramil 1603-02 Talibura di Kabupaten Sikka, NTT, turun tangan membantu pemerintah memobilisasi warga menerima vaksin Covid-19.

Upaya TNI ini guna mendorong percepatan pemberian vaksin kepada segenap masyarakat yang hidup di pedalaman wilayah Kecamatan Talibura dan Kecamatan Waiblama.

Warga yang terutama mengalami kesulitan biaya transporasi diangkut ke tempat pelayanan di Puskesmas Boganatar dan di Desar Tuabao.

Danranmil Letda. Inf. Nikolaus Nama Dalot menuturkan bahwa kegiatan penjemputan warga itu belangsung sejak hari Jumat tanggal 14 hingga 18 Januari dari sejumlah desa di pedalaman Talibura dan Waiblama.

Nikolaus menjelaskan warga tidak merasa takut meski saat itu aparat TNI mengenakan seragam. Sebab, sebelumnya warga telah diinformasikan oleh pemerintah desa akan adanya penjemputan oleh Babinsa.

iklan

“Mereka (warga) telah mendapat informasi pada titik kumpul yang telah ditentukan kepala desa,” kata Nikolaus kepada Ekorantt.com di Maumere.

Diinformasikan, sebanyak 208 warga Desa Ojang, Desa Timutawa dan Desa Hikong di Kecamatan Talibura berhasil diangkut untuk mendapatkan vaksinasi di Puskesmas Boganatar.

Sementara, 100 orang warga dari Desa Pruda, Werang dan Tanarawa di Kecamatan Waiblama diangkut menuju tempat pelayanan di Desa Tuabao.

Vaksin yang diiberikan jenis Moderna tahap I dan II serta vaksin jenis Sinovac juga untuk tahap I dan II.

Kepada Desa Ojang Petrus Padeng menyampaikan terima kasih kepada Dandim 1603 Sikka melalui Koramil Talibura yang telah membantu warganya untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi.

“Terima kasih Pak Dandim 1603 Sikka yang telah berusaha menolong masyarakat saya terutama mereka yang usia lanjut dan anak-anak berusia 12 tahun,” tutur Petrus Padeng.

Kades Petrus menambahkan bantuan mobilisasi itu sangat diperlukan mengingat jarak dari dusun terjauh di wilayah desanya mencapai 9 km dengan medan yang sulit.

Ia mengakui pelayan kali itu sangat berbeda, karena warga yang  datang cukup banyak dan tidak ada antrian yang panjang karena dibantu oleh para Babinsa. Untuk itu, ia berharap kerjasama yang baik ini tetap terbangun untuk kegiatan mendatang.

TERKINI
BACA JUGA