Aku Ingin Sekolah, Film Pendek Kreasi Cerdas Anak-Anak SMKN 3 Maumere

Maumere, Ekorantt.com – Era digital membawa semua orang berkreasi untuk memberikan edukasi yang baik kepada semua orang. Di sini, kreasi itu datang dari siswa-siswi SMKN 3 Maumere.

Film pendek ‘Aku Ingin Sekolah’ karya siswa-siswi Kelas XI TKJ 2 SMKN 3 Maumere memberikan inspirasi yang penuh dengan makna sosial. Kisah dalam Film pendek tersebut menarasikan bagaimana Andre sebagai seorang remaja yang putus sekolah menghadapi keterbatasan ekonomi.

Oleh karena keterbatasan ekonomi keluarga, dirinya tidak bisa melanjutkan studi hingga putus di tengah jalan. Andre harus mengisi hari-hari hidupnya dengan berjualan di pasar agar dapat membantu ekonomi keluarganya sehingga ia dapat melanjutkan studinya.

Diceritakan dalam Film Pendek 6 menit 45 detik tersebut, Andre memang tinggal bersama ibu dan adik-adiknya. Di lain sisi, ayah dan ibunya sudah bercerai ketika Andre masih berada di bangku Sekolah Dasar. Setelah dirinya beranjak dewasa dan sebagai anak sulung, ia berpikir bahwa hidup tanpa sosok seorang ayah itu berat.

“Sebagai anak laki- laki dan atas kemauan sendiri, saya ingin membantu ibu saya menafakai kehidupan keluarga kami,” terang Andre menarasikan bagaimana kisahnya secara perlahan.

iklan

Adegan terus mengalir hingga alur waktu berpindah saat pagi hari; Andre bergegas menuju pasar untuk membantu seorang penjual kue. Andre memang sudah terbiasa mencari uang sendiri dengan menggunakan waktu yang sebaik-baiknya.

Ditampilkan dalam video, bagaimana Andre berkomunikasi dengan pemilik jualan tersebut. Tentu, ketika waktu jaga sudah selesai, Andre harus pulang.

“Ha kau punya waktu jaga sudah selesai, kau bisa pulang sekarang. Ini ada sedikit uang untuk dibawa pulang,” katanya.

Tidak lupa, Andre menyampaikan terima kasih kepada sang pemilik jualan itu. Alur terus mengalir dan membawa Andre pada sore harinya. Dalam adegan itu, Andre mulai melanjutkan pekerjaan samping lainnya dengan memilih barang bekas.

Saat sedang memungut barang bekas, Andre melewati sebuah sekolah yakni SMKN 3 Maumere, di mana situasinya sepi mencekam.

Andre berani memasuki halaman sekolah. Ia merenung dalam hati sembari memikirkan keadaan hidupnya dan memiliki niat untuk sekolah lagi. Tampak bahwa di dalam lubuk hatinya, Andre berbisik seandainya orang tua saya tidak berpisah, pasti saya masih bisa sekolah.

Namun, ada hal yang menarik di ujung kisah Film Pendek ‘Aku Ingin Sekolah’. Andre justru tidak lupa kepada Tuhan. Di tengah kesibukannya mencari barang bekas, ia menyisipkan waktu bertamu ke rumah Tuhan untuk berdoa.

Di akhir film, penulis naskah yang adalah siswa-siswi Kelas XI TKJ SMKN 3 Maumere menitipkan pesan indah.

“Teruslah berjuang dalam situasi apapun dan tetaplah pada pendirianmu untuk menjadi yang terbaik dan jangan lupa mengandalkan Tuhan dalam segala usaha dan perjuanganmu,” pesan mereka.

Diketahui, dari ide naskah Film pendek ini ditulis oleh siswa-siswi Kelas XI TKJ 2 SMKN 3 Maumere dengan pemeran utama Yahuda Andreas Sau Sabu (Andre), figuran Yohanes Edward Kurniawan, Bernadino Vicky Realino, kameramen dan editor Gabriel Fransisko Fallo.

Yuven Fernandez

TERKINI
BACA JUGA