Panti Asuhan Ummul Mukminim Hafsah Geliting Dipilih sebagai Tempat Moderasi Beragama

Maumere, Ekorantt.com – SMAK Maria Monte Carmelo Maumere memilih Panti Asuhan Ummul Mukminin Hafsah Geliting sebagai tempat moderasi beragama di Kabupaten Sikka. Penentuan lokus moderasi beragama ini diparesiasi oleh Pendiri Panti Ummul Mukminin Hafsah, Abba Rasyid.

“Saya sangat berterimakasih karena SMAK Maria Monte Carmelo telah memilih panti asuhan ini sebagai tempat kegiatan moderasi beragama. Saya harap kunjungan ini dapat memupuk semangat kebhinekaan antar umat beragama,” kata Rasyid ketika menerima perwakilan Pastor, Frater Pengajar, Guru dan Murid SMAK Maria Monte Carmelo Maumere pada kegiatan bakti sosial, Sabtu (26/02/2022).

Kegiatan bakti sosial tersebut dalam menyongsong HUT SMAK Maria Monte Carmelo Maumere ke-3. Kehadiran mereka diterima oleh pihak pengelola panti dan 40 orang murid TK dan mahasiswa yang secara ekonomi kurang mampu.

Bakti sosial bertakjub ‘Dari Hati ke Hati’ itu diisi sharing pengalaman dari siswa dan anak panti yang dibagi dalam 6 kelompok kecil yang dipandu oleh para murid SMAK Maria Monte Carmelo.

“Kami ingin berbelarasa dengan teman-teman yang beragama lain di sekitar Kota Maumere. Maka, Panti Asuhan Ummul Mukminin Hafsah yang kami pilih,” kata Bergita Herlinda, koordinator bakti sosial.

iklan

Kepala SMAK Santa Maria Monte Carmelo Maumere RP. Benediktus Bani, O, Carm menuturkan kegiatan bakti sosial tersebut sebagai tanggung jawab untuk menjadi promotor moderasi beragama yang digaungkan oleh Kementerian Agama RI.

“Moderasi beragama bertujuan untuk menangkal radikalisme hidup beragama yang sedang marak di Indonesia bahkan di berbagai belahan dunia. Kunjungan ke panti asuhan ini adalah perwujudan dari amanat Menteri Agama RI,” kata Biarawan Ordo Karmel asal Bajawa ini.

Ia menyebutkan, para murid SMAK Monte Carmelo tidak hanya menghafal tiga matra spiritualitas Ordo Karmel yakni Doa, Persaudaraan dan Pelayanan.

“Melainkan sspek persaudaraan dan pelayanan inilah yang mereka hayati dan amalkan dengan melakukan kunjungan ke sesama saudara beragama lain,” ujarnya.

Kunjungan ini ditutup dengan pemberian tanda kasih yakni berupa pohon motivasi yang dirangkai siswa Monte Carmelo, doa bersama, pemberian sumbangan serta foto bersama.

Yuven Fernandez

TERKINI
BACA JUGA