Lomba Keterampilan Mengajar, Prodi PGSD Unika St. Paulus Ruteng Bertekad Lahirkan Guru Bermutu

Ruteng, Ekorantt.com – Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unika St. Paulus Ruteng menggelar Lomba Keterampilan Mengajar, Sabtu (12/03/2022).

Ketua panitia kegiatan tersebut, Vitalis Tarsan mengatakan bahwa perlombaan ini bukan untuk menampilkan kehebatan peserta, tetapi sebagai momentum membenah dan melatih diri dalam mengembangkan kemampuan mengajar bagi para mahasiswa calon guru itu.

Vitalis menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang dinilai dalam perlombaan tersebut yakni Perangkat Pembelajaran (RPP) dan penilaian kinerja mengajar di kelas.

Fokus penilaian RPP, lanjut dia, terdiri dari identitas RPP, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pembelajaran, materi ajar, penilaian, langkah-langka pembelajaran, media, dan sumber belajar.

“Sedangkan fokus penilaian kinerja mengajar yakni keterampilan menjelaskan, bertanya, beri penguatan, membuka dan menutup pembelajaran dan mengelola kelas l,” katanya.

iklan

Sementara ketua Program Studi PGSD, Mikael Nardi mengatakan bahwa orientasi kegitan Lomba Keterampilan Mengajar tersebut yaitu mencapai outcome yang bermutu.

“Mimpi kita bersama, sebagaimana yang tertera dalam salah satu poin misi Prodi adalah menghasilkan tenaga pendidik yang bermutu dan berkompeten,” katanya.

Mikael berharap perlombaan serupa terus dilakukan baik di tingkat program studi maupun di tingkat fakultas, dan universitas.

“Dan besar harapannya peserta lomba ini bisa berpartisipasi di ajang kompetisi tingkat nasional,” ucapnya.

Sementara itu, Arnoldus Helmon selaku Juri 1 dalam lomba itu mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai ajang pengembangan dan penguatan kompetensi pedagogis dan profesional calon guru Sekolah Dasar (SD).

Yohana Nestina Indriani, salah satu peserta lomba mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai ajang untuk mengasah kemampuan mengajar.

“Sebagai calon guru kita harus tetap up to date dengan perkembangan yang ada terutama di bidang pendidikan,” tutupnya.

Kegiatan yang berlangsung di ruangan Eduardus 02 Unika St.Paulus Ruteng ini diikuti oleh 24 peserta.

Kegiatan ini akan dilanjutkan pada Sabtu pekan depan.

Kontributor: Selvianus Hadun

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA