Smansa Larantuka Raih Juara 1 Lomba Pidato Empat Konsensus Bangsa

Larantuka, Ekorantt.com – Untuk memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Flores Timur mengadakan Lomba Pidato Empat Konsensus Bangsa Tingkat SMA/Sederajat se-Kabupaten Flores Timur yang dilaksanakan pada hari Senin, (25/4/2022) jam 9.00 WITA, di Aula Hotel Geo Permai-Sartim.

SMA Negeri 1 Larantuka mengutus Maria Delastrada Peni Keban yang biasa disapa Nona Della, siswa kelas XI SOS 5 ini akhirnya berhasil mengharumkan nama sekolah.

Bersama pendampingnya Adriana Diwa yang sejak hari Sabtu sudah melatih dan mempersiapkan keikutsertaannya dalam lomba, selalu mendampingi dan memberi dukungan serta bimbingan yang tak sia-sia.

“Pengumuman yang dinanti membuahkan hasil, Nona Della menjadi Juara 1 dan nanti akan mewakili Kabupaten Flores Timur ke tingkat Provinsi,” kata Adriana.

Dalam pidatonya, Nona Della mengatakan, bersatu dalam keanekaragaman tidaklah semudah membalikkan telapak tangan di era globalisasi ini.

iklan

“Pancasila seakan tenggelam dalam arus demokrasi dan kebebasan berpolitik, munculnya kelompok separatis yang hendak memisahkan diri dari NKRI, ketidakadilan dalam penegakan hukum dan adanya rasisme yang semakin marak di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Lebih jauh, Nona Della mengajak semua generasi muda untuk sadar karena maju-mundur persatuan dan kesatuan nasib bangsa ini sangat bergantung pada kompetensi yang dimiliki warga negara yakni pengetahuan kewarganegaraan, kecakapan dan watak seseorang.

Kegiatan seperti ini, kata Nona Della, sangat bernilai positif dan mendidik bagi kalangan remaja yang nantinya akan menjadi penerus bangsa.

“Pengetahuan akan jati diri bangsa sangat dibutuhkan untuk menumbuh-kembangkan semangat dan cinta akan Tanah Air,” katanya.

Untuk itu, tambahnya, diharapkan agar kegiatan ini terus berlangsung secara berkesinambungan dan menjadi ajang bagi anak-anak harapan bangsa untuk menggenggam emas di Tanah Air tercinta.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA