Peringati Hardiknas, HMPS Bahasa dan Sastra Indonesia Unika Ruteng Gelar Berbagai Perlombaan

Ruteng, Ekorantt.com – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unika Santu Paulus Ruteng mengadakan perlombaan debat, KTI, pidato, dan monolog dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022.

Kegiatan bertajuk ‘Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar Melalui Bidang Bahasa dan Sastra Indonesia’ itu berlangsung di lantai I Gedung Utama Barat (GUB) Unika Santu Paulus Ruteng, Sabtu (28/5/2022). 

Adriani Miming, ketua panitia dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini yaitu meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam bidang bahasa dan sastra, terutama dalam mewujudkan merdeka belajar.

“Kemampuan berbicara menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sebagai bentuk rasa cinta terhadap bangsa,” ujarnya.

Adriani bilang, peserta dalam perlombaan ini yakni perwakilan dari setiap kelas mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dari tingkat 1 hingga 3.

iklan

Peserta lomba pidato yang diutus dari setiap kelas berjumlah 11 peserta. Mereka membawakan pidato dengan baik sesuai dengan tema yang telah ditetapkan oleh panitia.

Berdasarkan rekaptulasi nilai, kata Adriani, yang mendapatkan juara dalam lomba pidato di antaranya kelas 2019 D meraih juara 1, kelas 2019 C juara 2, dan juara 3 oleh kelas 2019 B.

Sementara untuk lomba debat, ujar aktivis GMNI itu, perlombaan ini dimulai bersamaan dengan lomba pidato di ruangan kelas yang berbeda. Debat pun berjalan dengan kondusif. Semua peserta lomba debat mampu berargumen dengan kritis.

“Perlombaan ini mengutus 4 orang peserta dari setiap kelas Prodi PBSI. Berdasarkan rekapitulasi nilai dari juri, juara 1 yaitu kelas 2020 A, juara 2 kelas 2019 A, dan juara 3 kelas 2020 C,” sebutnya.

Sedangkan untuk KTI, jelas Adriani, diawali dengan  pengumpulan karya ilmiah dari setiap peserta. Kemudian pada tanggal 28 Mei 2022 akan diumumkan juara sekaligus melakukan penyerahan hadiah dari HMPS. 

Adapun juara dari perlombaan ini, yakni kelas 2021 C meraih juara 1, 2019 A mendapat suara 2, dan 2020D mendapat juara 3.

Kemudian perlombaan monolog, lanjut dia, peserta mementaskan monolog dengan sangat ekspresif dan penuh percaya diri. 

“Peserta yang meraih juara dalam perlombaan ini, yaitu juara 1 kelas 2021 C, juara 2 kelas 2020 A, juara 3 kelas 2019 D,” sebutnya.

Ketua HMPS PBSI Unika Santu Paulus Ruteng, Clara Astuti Jaya mengharapkan bahwa melalui kegiatan ini, mahasiswa mampu mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. 

Astuti mengatakan kegiatan ini tidak hanya sebatas untuk mencari siapa yang menang dan siapa yang kalah. Tetapi, l lebih pada peningkatan nalar berpikir kritis mahasiswa.

“Kegiatan ini diharapkan untuk lebih meningkatkan nalar berpikir kritis mahasiswa secara khusus dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia,” 

Sementara Moderator HMPS Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Stanislaus Hermaditoyo menjelaskan pelaksanaan lomba antar kelas merupakan kegiatan rutinitas yang dikelola langsung oleh HMPS Bahasa dan Sastra Indonesia.

Bagi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, kata dia, hal ini adalah kegiatan yang beretika karena menghadirkan mahasiswa yang ingin maju dalam berkompetisi. 

“Sebagai bentuk apresiasi, Kami memberikan mereka hadiah berupa piala kelas dan itu merupakan kebanggaan kelas,” katanya.

Stanislaus menyebut perlombaan ini akan menjadi program rutin HMPS Bahasa dan Sastra Indonesia Unika St. Paulus Ruteng ke depannya.

“Ini juga berkaitan dengan merdeka belajar mulai dalam diri mereka, bahwa ada kemampuan dan ada niat. Sehingga mereka bisa tampil di hadapan teman-teman mereka,” pungkasnya

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA