Kepsek Hendrianto: Lebih Baik Mandi Keringat daripada Mandi Darah

Bajawa, Ekorantt.com – Kepala SMAS Regina Pacis (Recis) Bajawa Hendrianto Emanuel Ndiwa memberi semangat terhadap Kenshi Dojo Recis Bajawa yang menggelar kejuaraan internal Shorinji Kempo SMAS Recis tingkat SMP dan SMA di Lapangan Recis Bajawa, Sabtu (11/6/2022).

Dalam acara itu, Hendrianto melontarkan satu pekikan semangat kepada 85 atlet kempo di dua lembaga sekolah itu. “Lebih baik mandi keringat di tempat latihan daripada mandi darah di arena pertandingan,” kata dia.

Ungkapan tersebut menjadi inspirasi bahwa sukses diraih melalui kerja keras dan sukses diraih oleh orang-orang yang displin tinggi.

“Saya sendiri mengamati, memantau dan melihat bahwa adik-adik Kenshi sungguh memperlihatkan upaya untuk bisa menjadi manusia yang sukses pada masa-masa yang akan datang,” ujarnya.

Ia berkata, proses latihan yang dilakukan harus melalui proses berkelanjutan dan proses latihan yang secara terus menerus dan melalui sebuah kerja sama yang baik antara Pengurus Perkemi Cabang Ngada dengan Pengurus Dojo di tingkat Ratu Damai.

iklan

Maria Emanuela Ine dalam laporan panitianya mengatakan tujuan kegiatan tersebut untuk melatih dan mempersiapkan para Kenshi lebih berdaya guna.

Kegiatan ini juga sebagai ajang uji coba dan evaluasi sejauh mana penguasaan para Kenshi terhadap teknik Shorinji Kempo yang telah diajarkan oleh para Simpai.

Selain itu, untuk menambah pengalaman bertanding bagi para Kenshi sehingga diharapkan kemampuan dan kesiapan mental untuk bertanding dan memenangkan pertandingan pada event-event kejuaraan yang lebih tinggi.

Maria menyebut, kejuaraan pertandingan kempo internal dibagi dalam 2 kategori yakni tingkat pemula SMP dan remaja SMA. Jumlah peserta tingkat SMP putra 9 orang dan putri 15 orang. Sedangkan tingkat SMA putra 16 orang dan putri 45 orang. Total secara keseluruhan adalah 85 atlet.

TERKINI
BACA JUGA