54 Peserta Didik Angkatan Perdana SMP Negeri Nangahale Ikut MPLS

Maumere, Ekorantt.com – Kerinduan masyarakat Desa Nangahale, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka untuk menghadirkan SMP Negeri baru di desa tersebut terjawab.

Sebanyak 54 peserta didik baru angkatan perdana tahun pelajaran 2022/2023 mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMK Negeri Talibura dari tanggal 13-15 Juli 2022.

Plt Kepsek SMP Negeri Nangahale Ana Aprila pada pembukaan MPLS mendorong 54 peserta didik untuk mengikuti kegiatan ini sampai selesai.

“Harus bangga menjadi peserta didik angkatan perdana di lembaga ini. Gunakan fasilitas belajar apa adanya untuk memenuhi kebutuhan belajar,” ungkap Ana.

Tujuan MPLS, demikian mantan guru BP SMP Negeri 1 Talibura, untuk mengenal potensi peserta didik baru, membantu peserta didik beradaptasi dengan lingkungan sekolah, guru, dan karyawan.

iklan

“Dengan mengikuti MPLS membantu menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif serta menumbuhkan perilaku positif dan saling menghormati dan menghargai keberagaman,” tandas mantan guru BP SMAK Frateran Maumere ini.

Selama tiga hari peserta didik angkatan perdana ini dibekali dengan sejumlah materi oleh para guru, misalnya Wawasan Wiyata Mandala oleh Fransiska Dua Rinanti, Tata Krama oleh Maria Nonni.

Sementara materi Pengenalan Kurikulum Merdeka oleh Ana Aprila Plt Kepsek yang merupakan Calon Guru Penggerak.

Materi Cara Belajar Efektif diberi oleh Anjelina Lasan Geriraja, Kepramukaan oleh Maria Yani Leonardo dan PBB oleh guru olahraga Markus Mado.

Sambut Gembira

Sekretaris Komite yang juga Sekretaris Panitia Pendirian SMP Negeri Nangahale Adrianus Aryanto kepada Ekora NTT merasa puas karena perjuangan untuk mendirikan SMP Negeri ini sejak 4 tahun lalu menemui kendala sudah teratasi dan masyarakat Desa Nangahale menyambutnya dengan gembira.

“Faktanya jika anak- anak setelah tamat SD di Nangahale harus menempuh jarak jauh untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP seperti ke SMP Supra Talibura dan SMP Negeri 2 Waigete di Watubala. Ditambah lagi kondisi ekonomi orang tua kebanyakan petani dan nelayan sehingga kehadiran SMP Negeri ini sungguh membantu,” ujar guru SMKN Talibura ini.

Dikatakannya, di Desa Nangahale wajar hadir SMP Negeri karena didukung 3 Sekolah Dasar yakni SD Utan Wair, SDN Gembira, SDN Wairhek dan 1 MIS Al-fatah.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA