Alda, Pelajar Smansa Maumere Wakili NTT di FAN Tingkat Nasional

Maumere, Ekorantt.com – Maria Aldania F. M. Pedo pelajar SMA Negeri I Maumere (Smansa) terpilih menjadi anggota Forum Anak Nasional (FAN) untuk mewakili Provinsi NTT di tingkat nasional.

Peserta didik kelas XII jurusan IPS Smansa Maumere ini terpilih setelah melewati seleksi dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi NTT tahun 2021.

Alda mengaku bangga atas capaian itu, apalagi mewakili Provinsi NTT di tingkat nasional.

“Kiranya ada penerus yang memiliki semangat yang sama untuk menyuarakan isu anak yang terjadi di Kabupaten Sikka khususnya dan NTT umumnya,” ujar Alda kepada Ekora NTT pada 1 Agustus 2022.

Alda bangga karena dalam seleksi, ia mengungguli teman-teman dari kabupaten lain di NTT.

iklan

Adapun materi seleksi, kata Alda, mencakup materi public speaking, pelaksanaan organisasi di level kabupaten, keterlibatan dalam organisasi, menjadi pelopor dan pelapor dalam menjalankan tugas dan kewajiban menganalisis masalah yang diberikan.

Prestasi yang diraih Alda mendapatkan apresiasi dari pihak sekolah. Hal ini disampaikan oleh Kepala SMA Negeri 1 Maumere, Johanes Jonas Teta.

“Saya harapkan Alda dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan dengan baik dan harus menjadi contoh bagi anak NTT umumnya dan adik- adiknya di Smansa khususnya,” ujar Kepsek Jonas.

Sementara itu, Wali kelas Alda, Maria Magdalena Ngaghi menilai bahwa Alda adalah peserta didik yang lincah dan kreatif.

“Dengan terpilihnya dia menjadi anggota FAN, ia sudah mengharumkan nama sekolah, Kabupaten Sikka juga NTT,” tuturnya.

Untuk diketahui, Forum Anak Nasional adalah organisasi anak yang dibina Pemerintah RI melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak- anak di seluruh Indonesia, dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak.

Saat ini FAN sudah tersebar mulai dari jenjang desa/ kelurahan, kecamatan, kabupaten/ kota hingga provinsi.

TERKINI
BACA JUGA