739 Mahasiswa Baru FKIP Unika Ruteng Jalani PKKMB

Ruteng, Ekorantt.com – Sebanyak 739 mahasiswa baru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unika Santu Paulus Ruteng menjalani masa Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Aula Missio, selama tiga hari, 29-31 Agustus 2022.

Kegiatan bertajuk ‘Menjadi Pembelajar yang Merdeka dan Mandiri di Era Revolusi 4.0’ itu melibatkan mahasiswa baru dari enam program studi yakni Pendidikan Teologi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), dan Prodi Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG PAUD).

Dekan FKIP Unika Ruteng,  Maksimus Regus mengatakan bahwa PKKMB adalah fase penting bagi mahasiswa dalam menapaki perjalanan akademik mereka di Unika Santu Paulus Ruteng, terutama dalam lingkup FKIP.

Mahasiswa baru, kata Romo Maksimus, tentu mendapatkan momen berharga untuk mengenal lebih jauh visi, misi, dan mimpi-mimpi FKIP Unika Santu Paulus Ruteng dalam mendidik generasi muda Indonesia yang terbuka, demokratis, manusiawi dan berwawasan ekologis.

“PKKMB juga adalah momentum bagi setiap mahasiswa mulai membangun persahabatan baik di antara mahasiswa baru sendiri maupun dengan mahasiswa lama, para pimpinan lembaga, para dosen, maupun pegawai yang akan memberikan atmosfer kondusif bagi perjalanan akademik mahasiswa di kampus Unika Santu Paulus Ruteng,” tuturnya.

iklan

Romo Maks yakin bahwa menjadi mahasiswa di FKIP adalah panggilan hati nurani mahasiswa sendiri. Karena itu peserta PKKMB diminta bertanggung jawab dalam setiap perilaku hidup selama menempuh pendidikan di FKIP Unika Santu Paulus Ruteng.

“Kami berharap agar PKKMB dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya agar adik-adik mahasiswa baru memiliki wawasan yang lengkap tentang Unika Santu Paulus Ruteng sebelum benar-benar menapaki perjuangan akademik di kampus ini,” ajaknya.

“PKKMB adalah sebuah titik awal bagi mahasiswa baru untuk menjernihkan kembali niat, tekad, komitmen, serta tujuan akhir perjuangan akademik di kampus UNIKA Santu Paulus Ruteng. Mudah-mudahan para mahasiswa baru dapat menjaga hal ini dengan baik,” sambung Roko Maks.

Sementara Ketua Panitia PKKMB FKIP Unika Santu Paulus Ruteng, Fransiskus Nendi menyatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru.

Sesuai dengan tema yang diangkat, kata Nendi, kemudian akan dikemas beberapa topik seminar. Tentu semuanya adalah dalam rangka menyiapkan mahasiswa baru menjadi mahasiswa yang merdeka dan mandiri di era revolusi 4.0.

Hal tersebut akan mendorong terciptanya persahabatan dan kekeluargaan antar mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan, serta mempercepat proses mengenal lebih dekat dan memahami lebih jauh kehidupan kampus yang berciri ilmiah, kolaboratif, rasionalitas, analitis, serta sistematis.

“Dengan kata lain, PKKMB ini akan membantu mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan kehidupan kampus sehingga membentuk pola pikir dan cara pandang mahasiswa terhadap masa depan,” terangnya.

Lebih lanjut Nendi menjelaskan, kegiatan PKKMB menghadirkan narasumber dari kalangan internal maupun dari luar kampus yang memiliki keahlian dalam bidangnya masing-masing.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA