Direktur Kelembagaan Ditjen Diktiristek: Mudah-mudahan Ledalero Bisa Mendunia

Maumere, Ekorantt.com – Direktur Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Lukman melaunching Institut Filsafat Dan Teknologi Kreatif (IFTK) Ledalero di Auditorium St. Thomas Aquinas Ledalero, Rabu, 14 September 2022.

Saat memberikan kuliah umum, Lukman berharap IFTK Ledalero dapat menjadi kampus yang bersaing secara global dan berkelas dunia.

“Saya berharap IFTK ini mampu melahirkan profesor-profesor yang disegani oleh dunia, supaya kampus ini bisa bersaing secara global menuju kampus yang unggul dan berkelas dunia. Mudah-mudahan, Ledalero bisa mendunia.”

Lukman memberikan kuliah umum bertajuk Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif Ledalero Menuju Kampus Unggul Berkelas Dunia. Ia membahas tiga hal yakni mengenai filsafat, teknologi, dan kreatif.

“Hal pertama yang mau saya bahas adalah filsafat. Filsafat inilah yang memperkuat fondasi perjalanan yang terus bertransformasi ke arah yang lebih baik,” jelas Lukman.

iklan

Yang kedua, lanjut Lukman, adalah teknologi. Teknologi akan menentukan kita, “apakah kita hanya menjadi konsumtif penikmat teknologi ataukah pencipta teknologi.”

“Yang ketiga adalah kreatif. Kalau kita tidak kreatif berarti kita akan tergerus zaman. Kita harus berpikir kreatif,” tegasnya.

Menurut Lukman, dengan hadirnya IFTK Ledalero, generasi-generasi muda diajak untuk berkuliah di sini, tanpa harus kuliah jauh-jauh.

“Kita juga harus recover together, recover stronger. Kita sama-sama berjuang memulihkan kembali ekonomi dan terus bangkit menjadi lebih kuat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala LLDIKTI XV, Adrianus Amheka secara virtual memberikan apresiasi dan dukungan yang penuh terhadap perubahan bentuk lembaga pendidikan IFTK Ledalero.

“Saya patut mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada Ketua Yayasan Persekolahan St. Paulus Ende, Pimpinan serta segenap civitas akademika STFK Ledalero, yang telah berhasil mendapatkan persetujuan bentuk lembaga pendidikan sesuai dengan surat keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 439/E/O/2022 tentang izin perubahan bentuk Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero di Kabupaten Sikka menjadi Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif pada tanggal 16 Juni 2022,” ucapnya.

Lebih lanjut, Amheka berharap perubahan bentuk STFK menjadi IFTK Ledalero mampu menaikkan kualitas perguruan tinggi.

Kehadiran IFTK Ledalero diharapkan mampu mencetak generasi masa depan yang berkualitas, berdaya saing tinggi di era globalisasi sebagai kontributor untuk mencapai Indonesia emas pada tahun 2045.

“Semoga suara dan harapan kita dengan adanya perubahan bentuk lembaga ini sebagai tombak pelayanan terdepan dapat menjadi perhatian guna peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat NTT pada umumnya dan Flores pada khususnya,” tutupnya.

Anggelina Fransiska Djinyeru

TERKINI
BACA JUGA