Festival Ekologi Flores Tampilkan Pameran UMKM hingga Tarian Rakyat

Bajawa, Ekorantt.com – Yayasan Puge Figo melaksanakan kegiatan Festival Ekologi Flores yang berlangsung di lapangan Desa Nginamanu, Kecamatan Wolomeze, Kabupaten Ngada pada 13-15 Oktober 2022.

Ketua Panitia Emanuel Djomba menyatakan festival tersebut menampilkan sejumlah rangkaian kegiatan berbasis lingkungan.

Mulai dari pameran UMKM debat tingkat SMA dari Kabupaten Ngada dan Nagekeo dengan tema ekologi, workshop dengan tema masa depan hutan dan air, cerita rakyat bahkan menampilkan tarian rakyat.

“Dalam kegiatan debat ini para siswa diberi pemahaman tentang lingkungan sehingga mereka menjadi generasi yang selalu menjaga alam,” ujar Emanuel di Bajawa, Jumat (14/10/2022).

Emanuel menerangkan bahwa Festival Ekologi Flores sebagai perayaan keprihatinan, perayaan keresahan atas kerusakan alam dan lingkungan. Kegiatan tersebut merupakan gagasan kecil dari orang kecil yang merakit energi besar.

iklan

“Memilih tema peduli alam kita Festival Ekologi Flores memanggil kita semua untuk belajar ulang tentang hidup selaras dengan alam seperti nenek moyang kita,” kata dia.

“Sejak awal masyarakat sudah begitu antusias mendukung kegiatan ini, salah satu yang ditunjukan adalah pembuatan stan pameran beratap alang-alang,” terang Emanuel menambahkan.

Ia berharap dengan kegiatan ini kembali menyadarkan masyarakat bahwa bumi saat ini tidak dalam kondisi baik-baik, sehingga masyarakat diharapkan bisa beradaptasi dan menjaga alam.

TERKINI
BACA JUGA