Pesan Nataru Bersama Kopdit Obor Mas: Syukur Jadi Kunci Keberhasilan

Maumere, Ekorantt.com – Keluarga besar KSP Kopdit Obor Mas mengadakan natal dan tahun baru (Nataru) bersama di aula KCH Puspas Keuskupan Maumere pada Sabtu, 14 Januari 2023. Acara ini mengusung tema ‘Syukur atas anugerah Tuhan di tahun 2022 dan mohon berkat untuk kesuksesan di tahun 2023’.

Natal dan tahun baru bersama dibuka dengan misa syukur yang dipimpin Pater Stef Dampur, SVD dan sejumlah imam konselebran. RD. Lorens Noi selaku penasihat rohani KSP Kopdit Obor Mas membawakan homili singkat.

Romo Lorens menggarisbawahi beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bagi segenap pengelola KSP Kopdit Obor Mas.

“Obor Mas harus ok, ok otaknya, ok hatinya, dan ok imannya,” ujarnya.

Tuhan menciptakan dan memberikan manusia otak untuk terus berpikir hingga menemukan kebijaksanaan dalam menjalankan misi koperasi ini, kata Romo Lorens.

iklan

“Obor Mas harus ok hatinya di mana ada kasih yang terus melayani, melayani, dan melayani sampai setiap insan mengalami kesejahteraan melalui Kopdit Obor Mas,” tuturnya.

“Obor Mas harus ok imannya, jika tidak maka Obor Mas tidak dapat berbuat apa-apa. Buktinya hari ini kita semua hadir untuk mengungkapkan rasa syukur kita atas berkat Tuhan di tahun yang lalu serta memohon berkat Tuhan untuk tahun yang baru. Syukur adalah bagian dari iman,” tambahnya.

General Manajer KSP Kopdit Obor Mas, Leonardus Frediyanto M. Lering

Prestasi

General Manajer KSP Kopdit Obor Mas, Leonardus Frediyanto M. Lering mengakui selama tahun buku 2022, Kopdit Obor Mas telah menorehkan sejumlah prestasi. Sejumlah target pun berhasil diraih.

Di sisi lain, kata Frediyanto, pihaknya akan memperhatikan beberapa hal untuk diperbaiki pada tahun buku 2023.

Karena itu, ia mengapresiasi kerja tim manajemen yang telah berjuang maksimal untuk mencapai target yang dirancang pada awal tahun lalu.

“Saya membangun tekad yang kuat bersama teman-teman dan terbukti biasanya sebulan anggota baru bertambah sekitar 800 hingga 900-an orang namun di bulan Desember kita bisa mencapai 4.700-an orang dan ini luar biasa,” sebutnya.

Senada dengan itu, Ketua Pengurus KSP Kopdit Obor Mas, Markus Menando mengatakan bahwa syukur menjadi pengakuan untuk setiap prestasi pada tahun buku 2022. Syukur tidak hanya hanya untuk keberhasilan tetapi syukur juga untuk kegagalan yang telah dialami.

“Syukur kepada Tuhan menjadi kunci sukses kita selama ini dan pada tahun-tahun yang akan datang,” sebutnya.

Pada tahun buku 2022, tutur Markus, Kopdit Obor Mas berhasil memilih pengurus dan pengawas yang didahului dengan fit and proper test sesuai dengan Permenkop RI Nomor 30 tahun 2021. Kopdit Obor Mas menjadi koperasi pertama di Indonesia yang menjalankan peraturan itu.

“Kita juga bersyukur untuk pembukaan dua kantor cabang baru di pulau Timor yakni Kantor Cabang Utama Timor Tengah Utara di Soe dan Kantor Cabang Utama Belu di Atambua,” ujarnya.

Selain itu, Kopdit Obor Mas mendapatkan penghargaan dari iNews TV sebagai koperasi dengan manajemen modern terbaik, penghargaan dedikasi dari Bank NTT, dan kepercayaan untuk menyalurkan dana KUR.

“Dan sebagai pelengkap keberhasilan adalah suksesnya acara puncak HUT ke-50 KSP Kopdit Obor Mas pada bulan November lalu,” tandasnya.

Penyerahan sumbangan peduli kasih dari KSP Kopdit Obor Mas untuk rehab bangunan gereja St. Yohanes Paulus II Centrum

Pelayanan Terbaik

Ketua Pengurus Puskopdit Swadaya Utama Maumere, Alexius Bertholomeus berpesan agar pengelola Kopdit Obor Mas senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada anggota sebagai pemilik koperasi.

Kopdit Obor Mas diminta untuk melayani yang tak terjangkau dan menjangkau yang tak terlayani, menuntun yang buta dan menopang yang lumpuh serta merangkul yang mapan.

Sementara tokoh koperasi kredit NTT, Romanus Woga mengingatkan kembali pesan sosok pendiri Kopdit Obor Mas yakni Yosef Doing (Alm).

Yosef Doing, kata Romanus, pernah berpesan kepada General Manajer Leonardus Frediyanto M. Lering untuk memperhatikan hal-hal kecil dalam pelayanan.

“Pemimpin tidak hanya memperhatikan hal-hal yang besar tetapi juga perlu memperhatikan hal-hal kecil. Menjadi pemimpin harus tahu berapa ekor semut yang lewat di depanmu,” kata Romanus menyentil pesan Yosef Doing.

Usai misa, dilakukan penyerahan sumbangan peduli kasih dari KSP Kopdit Obor Mas untuk rehab bangunan gereja St. Yohanes Paulus II Centrum.

Acara natal dan tahun baru bersama ini disemarakkan dengan acara tukar kado.

Marton J.

TERKINI
BACA JUGA